Skripsi
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PERKEMBANGAN PRIBADI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 3 RANDUDONGKAL KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci : Layanan Bimbingan Kelompok, Perkembangan Pribadi.
Perkembangan merupakan proses yang dialami oleh semua individu dalam kehidupannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap perkembangan pribadi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Randudongkal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 35 peserta didik yang berupa study populasi. Metode yang digunakan adalah angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas dan uji reliabilitas instrumen hasilnya valid dan reliabel. Teknik analisis datayaitu analisis deskriptif persentase dan statistik uji t (t-test).
Hasil penelitian ketercapaian perkembangan pribadi sebelum pelaksanaan layanan bimbingan kelompok (pre-test) adalah dalam kriteria rendah dengan persentase ketercapaian 31,4%. Sedangkan ketercapaian perkembangan pribadi setelah pelaksanaan layanan bimbingan kelompok (post-test) adalah dalam criteria tinggi dengan persentase ketercapaian 37,1%. Mean skor tingkat perkembangan pribadi saat pre-test adalah sebesar 53.69, sementara itu mean skor tingkat perkembangan pribadi saat post-test sebesar 61.57. Dari hasil perhitungan uji t diperoleh nilai thitung = 3,780, kemudian dikonsultasikan dengan nilai ttable pada taraf signifikan 5% atau ( 5 %) dengan derajat kebebasan N-1 atau 35 – 1 = 34 dimana diperoleh ttable = 2,042. Maka thitung = 3,780> ttabel = 2,042. Sehingga Ha dinyatakan diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap perkembangan pribadi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Randudongkal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014.
Saran bagi sekolah hendaknya memberikan kontribusi kepada sekolah dalam pengambilan kebijakan yang berkaitan dengan layanan bimbingan dan konseling di sekolah. Bagi guru pembimbing memberikan wawasan kepada guru BK agar lebih mengintensifikan dan memaksimalkan layanan bimbingan kelompok kepada peserta didiknya. Bagi peserta didik diharapkan dapat memahami perkembangannya untuk menjadi pribadi yang matang dan dewasa dalam berpikir, bersikap, berperilaku dan bertindak agar mencapai perkembangan pribadi yang optimal.
01110500126 | ART p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain