Skripsi
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN SOSIAL TERHADAP ETIKA PERGAULAN PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs ASY-SYAFI’IYYAH JATIBARANG KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci: bimbingan sosial, etika pergaulan
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman peserta didik kelas VIII MTs. Asy-Syafi’iyyah Jatibarang Kabupaten Brebesterhadap etika pergaulan. Hal ini dapat diidentifikasikan dengan kurangnya sopan santun peserta didik dalam berbicara dengan guru, teman dan lingkungannya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh layanan bimbingan sosial terhadap etika pergaulan peserta didik kelas VIII MTs. Asy-Syafi’iyyah Jatibarang Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2013/2014.
Berdasarkan landasan teori, dalam penelitian ini dapat dirumuskan hipotesis sebagai berikut: “Ada pengaruh layanan bimbingan sosial terhadap etika pergaulan peserta didik kelas VIII MTs. Asy-Syafi’iyyah Jatibarang Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2013/2014.”
Populasi dalam penelitian ini sebanyak 359 peserta didik, teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan purposivesampling, dan terdapat 26 peserta didik yang dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket, observasi, dokumentasi dan wawancara, uji validitas dalam penelitian ini menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Spearman Brown, sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis statistik korelasi product moment.
Analisis deskriptif variabel X dari hasil skor angket yang diperoleh dari 26 peserta didik yang menjadi subjek penelitian, dapat diketahui tingkat layanan bimbingan sosial di MTs. Asy-Syafi’iyyah Jatibarang terdapat 8 peserta didik dalam kriteria baik atau (30,8%). Sedangkan analisis deskriptif variabel Y dari hasil skor angket yang diperoleh dari 26 peserta didik yang menjadi subjek penelitian, terdapat 10 peserta didik atau (38,5%) dalam kriteria baik. Dari data tersebut diperoleh r hitung = 0,618 dan setelah dikonsultasikan dengan nilai r tabel pada taraf signifikan 5%, dengan jumlah sampel N = 26 diperoleh r tabel = 0,388, maka jika r hitung> r tabel yaitu 0,618 > 0,388 yang berarti hipotesis penelitian (Ha) diterima.
Simpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh layanan bimbingan sosial terhadap etika pergaulan peserta didik kelas VIII MT.s Asy-Syafi’iyyah Jatibarang Kabupaten Brebes. Saran yang dapat penulis sampaikan diharapkan guru pembimbing dapat lebih memaksimalkan layanan bimbingan sosial guna meningkatkan etika pergaulan peserta didik untuk lebih baik lagi.
01110500120 | SAR p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain