Skripsi
PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN INTENSITAS BELAJAR MATEMATIKA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Suatu Penelitian Pada Peserta Didik Kelas X SMK se-Kecamatan Randudongkal Tahun Pelajaran 2013/2014)
Kata kunci : perhatian orang tua, intensitas belajar matematika, prestasi belajar matematika, variabel intervening
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) membuktikan ada atau tidak pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika, (2) membuktikan ada atau tidak pengaruh perhatian orang tua terhadap intensitas belajar matematika, (3) membuktikan ada atau tidak pengaruh intensitas belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika, (4) mengetahui apakah intensitas belajar matematika merupakan variabel intervening yang ikut mempengaruhi pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMK se-kecamatan Randudongkal tahun pelajaran 2013/2014 dengan jumlah 616 peserta didik, yaitu dari SMK Negeri 1 Randudongkal dan SMK Islam Randudongkal. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sejumlah 185 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan angket. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket. Uji coba angket dilakukan pada 80 peserta didik. Uji Instrumen yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas. Uji prasyarat meliputi uji normalitas, uji linearitas dan uji autokorelasi. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perhatian orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika dengan pengaruh sebesar 18,1%, (2) perhatian orang tua berpengaruh terhadap intensitas belajar matematika dengan pengaruh sebesar 70,8%, (3) intensitas belajar matematika berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika dengan pengaruh sebesar 30,4%, (4) intensitas belajar matematika merupakan variabel intervening yang ikut mempengaruhi pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika.
01710500048 | IQY p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain