Skripsi
STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E (LC5E) TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI STATISTIKA (Suatu Penelitian Pada Peserta Didik Kelas X Semester II SMK PGRI 1 Taman Tahun Pelajaran 2013/2014)
Kata Kunci : Model pembelajaran Quantum Teaching, LC5E, Prestasi belajar.
Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching dan LC5E. (2) Untuk mengetahui model pembelajaran manakah yang paling efektif antara Quantum Teaching dan LC5E terhadap prestasi belajar matematika pada peserta didik kelas X Semester II SMK PGRI 1 Taman Tahun Pelajaran 2013/2014.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas X SMK PGRI 1 Taman Tahun Pelajaran 2013/2014 sebanyak 391 peserta didik yang terbagi dalam 11 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X TKR 2 yang diberi pembelajaran menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching dan peserta didik kelas X TKR 3 yang diberi pembelajaran menggunakan model pembelajaran LC5E yang masing-masing berjumlah 40 peserta didik dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes prestasi yang berbentuk pilihan ganda. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan tes. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh nama-nama peserta didik kelas X dan nilai UAS matematika semester I tahun 2014. Metode tes untuk memperoleh hasil tes prestasi peserta didik materi pokok statistika. Teknik analisis data menggunakan uji t, dengan terlebih dahulu data diuji normalitas dan homogenitas menggunakan uji Liliefors dan Bartlett.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Dengan menggunakan uji t dua pihak di dapatkan t hitung = 2,297 sedangkan dari tabel t dengan taraf signifikansi 5% dan dk = 78 diperoleh t tabel= 1,99 , sehingga Ho ditolak yang artinya ada perbedaan prestasi belajar antara peserta didik yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching dengan model pembelajaran LC5E pada peserta didik kelas X Semester II SMK PGRI 1 Taman Tahun Pelajaran 2013/2014. (2) Dengan menggunakan uji t satu pihak di dapatkan t hitung= 4,592 sedangkan dari tabel t dengan taraf signifikansi 5% dan dk = 78 diperoleh t tabel =1,66 sehingga Ho ditolak yang artinya model pembelajaran Quantum Teaching lebih efektif dari pada model pembelajaran LC5E pada peserta didik kelas X Semester II SMK PGRI 1 Taman Tahun Pelajaran 2013/2014.
01709501253 | ARI s C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain