Skripsi
STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER DAN GROUP INVESTIGATIONDITINJAU DARI KEAKTIFAN PESERTA DIDIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Suatu Penelitian pada Peserta Didik Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 4 Kota Tegal Materi Pembelajaran Segiempat Tahun Pelajaran 2013/2014
Kata kunci : numbered heads together, group investigation, keaktifan peserta didik, prestasi belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)apakah terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajarkan model pembelajaran NHT dengan peserta didik yang diajarkan model pembelajaran GI, (2)apakah prestasi belajar matematika peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran NHT lebih baik dari peserta didik yang diajarkandengan model pembelajaran GI ditinjau dari peserta didik yang aktif, (3)apakah prestasi belajar matematika peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran NHT lebih baik dari peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran GI ditinjau dari peserta didik yang kurang aktif.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII semester genap SMP Negeri 4 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014 sebanyak 191 peserta didik yang terbagi dalam 6 kelas. Uji kesetaraan populasi menggunakan anava satu arah, uji prasyaratnya yaitu uji normalitas menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Bartlet. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas VII A sebagai kelompok eksperimen satu dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen dua. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi, dan tes. Instrumen yang digunakan adalah tes. Teknik analisis data menggunakan uji anava dua jalan sel tak sama dan uji lanjut menggunakan uji t pihak kanan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajarkan model pembelajaran NHT dengan peserta didik yang diajarkan model pembelajaran GI, (2)prestasi belajar matematika peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran NHT lebih baik dari peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran GI ditinjau dari peserta didik yang aktif, (3)prestasi belajar peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran NHT lebih rendah atau sama dengan peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran GI ditinjau dari peserta didik yang kurang aktif.
01710500087 | NOV s C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain