Skripsi
KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN STRATEGI MULTI LEVEL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEPERCAYAAN DIRI SISWA (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014)
Kata Kunci : keefektifan strategi Multi Level Learning, kepercayaan diri, hasil belajar matematika.
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui efektif tidaknya pembelajaran MLL dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori terhadap prestasi belajar matematika. (2) Untuk mengetahui efektif tidaknya pembelajaran MLL dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari kepercayaan diri tinggi. (3) Untuk mengetahui efektif tidaknya pembelajaran MLL dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari kepercayaan diri rendah.
Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 6 Petarukan Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2013/2014 dengan jumlah 241 siswa yang terbagi dalam 6 kelas. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII B sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII C dan VIII E sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi, tes, dan angket. Teknik analisis data dengan menggunakan uji t-test satu pihak untuk hipotesis pertama dan uji Rancangan Acak Kelompok (RAK) untuk hipotesis kedua dan ketiga.
Hasil penelitian ini disimpulkan sebagai berikut: (1) Pembelajaran MLL lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori terhadap prestasi belajar matematika. (2) Pembelajaran MLL lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari kepercayaan diri tinggi. (3) Pembelajaran MLL lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari kepercayaan diri rendah.
01710500025 | MUL k C1 | Tersedia | |
17105000250 | MUL k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain