Skripsi
EKSPERIMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN TERBIMBINGTERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKADITINJAU DARI KECEMASAN PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 PANGKAH KABUPATEN TEGAL TAHUN PELJARAN 2013/2014
Kata Kunci : Eksperimentasi Strategi Pembelajaran Terbimbing, Prestasi Belajar Matematika, Kecemasan Peserta Didik.
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui ada tidaknya perbedaan antara strategiPembelajaran Terbimbing dengan strategi pembelajaran Ekspositori terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Pangkah Tahun Pelajaran 2013/2014, (2)Membandingkan strategipembelajaran terbimbingdengan strategi pembelajaran ekspositori ditinjau dari kecemasan tinggi terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Pangkah Tahun Pelajaran 2013/2014, (3)Membandingkan strategipembelajaran terbimbingdengan strategi pembelajaran ekspositori ditinjau dari kecemasan rendah terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Pangkah Tahun Pelajaran 2013/2014.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri1 PangkahTahun Pelajaran 2013/2014. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Variabel bebas dalam penelitian adalah strategi pembelajaran terbimbing dan kecemasan peserta didik sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar matematika. Metode pengumpulan data meliputi tes dan observasi. Instumen penelitian berupa tes dan angket. Tes dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 40 soal yang telah diuji validitas, reliabilitas dan tingkat kesukaran soal. Analisis data menggunakan Rancangan Acak Kelompok dan Uji Benferoni yang sebelumnya telah diuji dengan uji Normalitas dan uji Homogenitas.
Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) ada perbedaan antara strategiPembelajaran Terbimbing dengan strategi pembelajaran Ekspositori terhadap prestasi belajar matematika dilihat dari F1>Ftabel yaitu 2008,50 >161,45 dan F2>Ftabelyaitu 3934,47 > 161,45, (2)strategipembelajaran terbimbinglebih baik daripada strategi pembelajaran ekspositori ditinjau dari kecemasan tinggi terhadap prestasi belajar matematika dilihat dari S > B yaitu 60,92>1,96, (3)strategipembelajaran terbimbinglebih baik daripada strategi pembelajaran ekspositori ditinjau dari kecemasan rendah terhadap prestasi belajar matematika dilihat dari S > B yaitu 16,86> 1,96.
01710500062 | KUS e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain