Skripsi
PENGARUH KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF DAN PERSEPSI PESERTA DIDIK PADA KONSEP DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Suatu Penelitian pada Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri se-Kecamatan Pagerbarang Tahun Pelajaran 2013/2014)
Kata Kunci : Kemampuan Berfikir Kreatif, Persepsi Peserta Didik pada Konsep Diri, Prestasi Belajar Matematika.
Keberhasilan peserta didik dalam belajar dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya kemampuan berfikir kreatif dan persepsi peserta didik pada konsep diri. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan berfikir kreatif terhadap prestasi belajar matematika. 2) Mengetahui ada tidaknya pengaruh persepsi peserta didik pada konsep diri terhadap prestasi belajar matematika. 3) Mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan berfikir kreatif dan persepsi peserta didik pada konsep diri terhadap prestasi belajar matematika.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Pagerbarang tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 600 peserta didik, sedangkan yang digunakan sebagai sampel penelitian sebanyak 221 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Metode yang digunakan adalah tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi sederhana dan uji regresi linear ganda, Sebelumnya data diuji dengan uji asumsi klasik.
Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) ada pengaruh kemampuan berfikir kreatif terhadap prestasi belajar matematika peserta didik kelas VII semester II SMP Negeri se-Kecamatan Pagerbarang tahun pelajaran 2013 / 2014. 2) ada pengaruh persepsi peserta didik pada konsep diri terhadap prestasi belajar matematika peserta didik kelas VII semester II SMP Negeri se-Kecamatan Pagerbarang tahun pelajaran 2013 / 2014. 3) ada pengaruh kemampuan berfikir kreatif dan persepsi peserta didik pada konsep diri terhadap prestasi belajar matematika peserta didik kelas VII semester II SMP Negeri se-Kecamatan Pagerbarang tahun pelajaran 2013 / 2014.
01710500095 | HAS p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain