Skripsi
EKSPERIMENTASI MODEL PROBING-PROMPTING LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI PERSEPSI SISWA PADA MATEMATIKA (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 1 Tarub Tahun Pelajaran 2013/2014)
Katakunci : Eksperimentasi, model Probing-Prompting Learning, model pembelajaran ekspositori, prestasi belajar matematika, persepsi siswa pada matematika.
Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Mengetahui apakah ada perbedaan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tarub yang diajar menggunakan model probing-prompting dan model ekspositori. 2) Membandingkan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tarub yang menggunakan model probing-prompting dan model ekspositori ditinjau dari persepsi positif siswa pada matematika. 3) Membandingkan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tarub yang menggunakan model probing-prompting dan model ekspositori ditinjau dari persepsi negatif siswa pada matematika
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tarub tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 316 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Jumlah sampel sebanyak 174 siswa terbagi dalam 3 kelas yaitu kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran probing-prompting sebanyak 68 siswa, kelas kontrol menggunakan model pembelajaran ekspositori sebanyak 72 siswa, dan kelas uji coba instrumen sebanyak 34 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data menggunakan anava dengan rancangan acak kelompok, sebelumya data diuji dengan uji liliefors dan uji bartlett.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) Ada perbedaan antara prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tarub Tahun 2013/2014 yang diajar menggunakan model probing-prompting dan yang diajar menggunakan model ekspositori ditinjau dari persepsi siswa pada matematika. 2) Prestasi belajar matematika siswa SMP Negeri 1 Tarub Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014 yang menggunakan model probing-prompting lebih baik dibandingkan dengan menggunakan model ekspositori ditinjau dari persepsi positif siswa pada matematika. 3) Prestasi belajar matematika siswa SMP Negeri 1 Tarub Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014 yang menggunakan model probing-prompting lebih baik dibandingkan dengan menggunakan model ekspositori ditinjau dari persepsi negatif siswa pada matematika.
01710500110 | SUL e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain