Skripsi
PENGARUH KREATIVITAS DAN KOMUNIKASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE PEMBELAJARAN CIRCLE LEARNING (Suatu Penelitian Pada Peserta Didik Kelas VIII Semester II MTs Muhammadiyah Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2013/2014)
Kata Kunci : pengaruh, kreativitas, komunikasi, prestasi belajar, Circle Learning.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh (1) Kreativitas terhadap prestasi belajar matematika dengan metode pembelajaran Circle Learning; (2) Komunikasi terhadap prestasi belajar matematika dengan metode pembelajaran Circle Learning; (3) Kreativitas dan komunikasi terhadap prestasi belajar matematika dengan metode pembelajaran Circle Learning.
Penelitian dilakukan pada peserta didik kelas VIII semester II MTs Muhammadiyah Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2013/2014. Populasi sebanyak 150 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 84 peserta didik dengan cara teknik cluster random sampling. Data kreativitas diperoleh melalui nilai tes subjektif, data Komunikasi diperoleh melalui tes subjektif dan prestasi belajar matematika diperoleh melalui tes objektif yang menggunakan metode pembelajaran Circle Learning pada materi bangun ruang kubus dan balok. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dan regresi linear ganda.
Hasil penelitian diperoleh yaitu ada pengaruh signifikan (1) Kreativitas terhadap prestasi belajar matematika dengan metode pembelajaran Circle Learning sebesar R2 = 0,69 (2) Komunikasi terhadap prestasi belajar matematika dengan metode pembelajaran Circle Learning sebesar R2 = 0,435 (3) Kreativitas dan komunikasi terhadap prestasi belajar matematika dengan metode pembelajaran Circle Learning sebesar R2 = 0,709.
01709501298 | IRF p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain