Skripsi
PENGARUH KECERDASAN INTRAPERSONAL DAN LINGKUNGAN BELAJAR SISWA DI SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VIII Semester II SMP Negeri se-Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014)
Kata kunci: Kecerdasan intrapersonal, lingkungan belajar siswa di sekolah,
prestasi belajar matematika.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh (1) kecerdasan intrapersonal terhadap prestasi belajar matematika, (2) lingkungan belajar siswa di sekolah terhadap prestasi belajar matematika, dan (3) kecerdasan intrapersonal dan lingkungan belajar siswa di sekolah terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII semester II SMP Negeri se-Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2013/2014.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII Semester II SMP Negeri se-Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 578 siswa yang terbagi dalam 2 sekolah. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling yang diambil sebanyak 25% dari jumlah populasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan metode angket. Instrumen penelitian berupa angket yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji regresi linear ganda, sebelumnya data diuji dengan uji prasyarat yaitu uji homogenitas dan normalitas.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan (1) kecerdasan intrapersonal terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2013/2014 dengan pengaruh sebesar 50,04%. (2) lingkungan belajar siswa di sekolah terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2013/2014 dengan pengaruh sebesar 50,86%. (3) kecerdasan intrapersonal dan lingkungan belajar siswa di sekolah terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2013/2014 dengan pengaruh sebesar 67,27%.
01710500079 | IZZ p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain