Skripsi
KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKATERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DITINJAU DARI KONSEP DIRI (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri I Pangkah Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014)
Kata Kunci : Metode Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review, Konsep diri, Prestasi
Metode pembelajaran dan konsep diri merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar. Dengan model pembelajaran yang baik maka prestasi belajar diharapkan semakin baik pula seperti telah banyak dikemukakan para ahli pendidikan. Selain faktor eksternal berupa model pembelajaran terdapat juga faktor internal seperti konsep diri yang dapat mempengaruhi prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika yang diajar dengan menggunakan metode PQ4R dan metode konvensional yang ditinjau dari konsep diri pada peserta didik kelas VIII Semester II di SMP N 1 Pangkah Tahun Pelajaran 2013/2014.
Populasi penelitian ini adalah kelas VIII tahun pelajaran 2013/2014 di SMP N 1 Pangkah dengan jumlah 281 siswa yang terbagi dalam 9 kelas. Sampel penelitian diambil sebanyak 124 dengan cara cluster random sampling. Diambil 2 kelas secara random dari 9 kelas yang ada. Kelas yang diambil adalah kelas VIII A dan VIII D sebagai kelas eksperimen (dengan metode ) dan kelas VIII C dan VIII E sebagai kelas kontrol (dengan metode konvensional). Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes evaluasi belajar dan Angket untuk mengukur konsep diri peserta didik. Analisa data untuk penelitian ini menggunakan uji anava dengan rancangan acak kelompok dengan penarikan anak contoh. Dalam penelitian ini, hasil prestasi belajar dikelompokan berdasarkan kelompok konsep diri yaitu dalam konsep diri positif dan konsep diri negatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Ada perbedaan penggunaan metode PQ4R dan Konvensional terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII Semester II di SMP N I Pangkah Tahun Pelajaran 2013/2014 (2) Ada perbedaan penggunaan metode PQ4R dan Konvensional terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII Semester II di SMP N I Pangkah Tahun Pelajaran 2013/2014 Ditinjau dari konsep diri (3) Metode pembelajaran PQ4R lebih efektif dibandingkan dengan metode konvensional dalam pembelajaran Matematika.
01710500012 | WIN k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain