Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SMALL GROUP WORK TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DAN SIKAP SISWA PADA POKOK BAHASAN TRIGONOMETRI (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas X Semester 2 SMA Negeri 1 Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014)
Kata Kunci: Keefektifan, Small Group Work, Prestasi Belajar, Sikap Siswa.
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui manakah yang lebih efektif model pembelajaran Small Group Work dengan model pembelajaran Konvensional terhadap prestasi belajar matematika, 2) Untuk mengetahui manakah yang lebih efektif model pembelajaran Small Group Work dengan model pembelajaran Konvensional terhadap sikap siswa, dan 3) Untuk mengetahui manakah yang lebih efektif model pembelajaran Small Group Work dengan model pembelajaran Konvensional terhadap prestasi belajar matematika dan sikap siswa.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X semester 2 SMA Negeri 1 Kramat Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2013/2014 yang terdiri sembilan kelas dengan jumlah siswa 287 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Kelas yang diambil sebagai sampel ada 2 kelas dengan jumlah 32 siswa untuk masing-masing kelas dan 1 kelas sebagai kelas uji coba dengan jumlah 31 siswa. Kelas yang diambil adalah X8 sebagai kelas eksperimen, kelas X7 sebagai kelas kontrol dan X9 sebagai kelas uji coba. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji-t dan uji analisis ragam multivariat satu arah (One-Way Manova) yang dilanjutkan menggunakan uji T^2 Hotelling, dengan terlebih dahulu data prestasi dan sikap siswa diuji dengan menggunakan uji Liliefors dan Uji Bartlet untuk mengetahui normalitas dan homogenitas data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Model pembelajaran Small Group Work lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran Konvensional terhadap prestasi belajar matematika, 2) Model pembelajaran Small Group Work lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran Konvensional terhadap sikap belajar siswa, 3) Model pembelajaran Small Group Work lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran Konvensional terhadap prestasi belajar matematika dan sikap siswa.
01710500038 | APR k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain