Skripsi
KEEFEKTIFANMETODE PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI Suatu Penelitian pada Peserta Didik di Kelas VIII Semester II SMP N 1 Bantarbolang Materi Pokok Bangun Ruang Tahun Pelajaran 2013 /2014
Kata Kunci: Keefektifan, Metode Quantum Learning, Prestasi Belajar Matematika dan motivasi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk adalah untuk mengetahui : (1) apakah terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar dengan metode Quantum learning dengan peserta didik yang diajar dengan metode konvensional, (2) apakah terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar dengan metode Quantum learning dengan peserta didik yang diajar dengan metode konvensional ditinjau dari motivasi tinggi, dan (3) apakah terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar dengan metode Quantum learning dengan peserta didik yang diajar dengan metode konvensional dari motivasi rendah.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII semester 2 SMP Negeri Bantarbolang tahun 2013/2014 yang berjumlah 250 peserta didik, yang terbagi dalam 7 kelas. Teknik pengambilan sampel dengan cara cluster random sampling, terpilih kelas VIII A sebanyak 36 responden sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VIII B sebanyak 36 responden sebagai kelas eksperimen 2 dankelas VIII D sebanyak 36 responden sebagai kelas kontrol 1 dan kelas VIII E sebanyak 36 responden sebagai kelas kontrol 2. Metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, metode angket, dan metode tes. Instrumen penelitian berupa angket, tes prestasi dan telah teruji validitas dan reliabilitas pada taraf signifikan 5%. Teknik analis data dengan menggunakan uji anava dua jalan dilanjutkan uji lanjut anava dengan uji Benferonni untuk mengetahui tingkat perbedaan perlakuan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar dengan metode Quantum learning dengan peserta didik yang diajar dengan metode konvensional, (2)terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar dengan metode Quantum learning dengan peserta didik yang diajar dengan metode konvensional ditinjau dari motivasi tinggi, dan (3) terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar dengan metode Quantum learning dengan peserta didik yang diajar dengan metode konvensional dari motivasi rendah.
01710500123 | ABI k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain