Skripsi
STUDI KOMPARATIF KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLEDENGAN MODEL PEMBELAJARAN BAKORUSIRU TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DANHASIL BELAJAR MATEMATIKA ( Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP N 1 Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014 )
Kata kunci : keefektifan, Scramble, Bakorusiru, aktivitas belajar, hasil belajar matematika.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Manakah yang lebih efektif antara model pembelajaran Scramble dengan model pembelajaran Bakorusiru terhadap aktivitas belajar siswa. 2) Manakah yang lebih efektif antara model pembelajaran Scramble dengan model pembelajaran Bakorusiru terhadap hasil belajar matematika siswa. 3) Manakah yang lebih efektif antara model pembelajaran Scramble dengan model pembelajaran Bakorusiru terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar matematika siswa.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester genap SMP N 1 Pemalang tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 302 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Jumlah sampel sebanyak 114 siswa terbagi dalam 3 kelas yaitu kelas VIII A (kelas eksperimen 1) menggunakan model pembelajaran Scramble sebanyak 39 siswa, kelas VIII B (kelas eksperimen 2) menggunakan model pembelajaran Bakorusiru sebanyak 39 siswa, dan kelas VIII E (kelas uji coba instrumen) sebanyak 36 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, observasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji-t pihak kanan dan uji manova, sebelumya data diuji dengan uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil analisis data dalam penelitian ini adalah 1) Model pembelajaran Scramble lebih efektif daripada model pembelajaran Bakorusiru terhadap aktivitas belajar siswa. 2) Model pembelajaran Scramble lebih efektif daripada model pembelajaran Bakorusiru terhadap hasil belajar matematika siswa. 3) Model pembelajaran Scramble lebih efektif daripada model pembelajaran Bakorusiru terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar matematika siswa.
01710500089 | RAT s C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain