Skripsi
PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK DAN MOTIVASI TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS (Suatu Penelitian pada Peserta Didik Kelas X Semester I SMK Islamiyah Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014 )
Kata Kunci : Pengaruh, Pendekatan Saintifik, Motivasi, Kemampuan Penalaran Matematis.
Pendekatan saintifik dan motivasi merupakan beberapa faktor yang mempengaruhi kemampuan penalaran matematis. Penelitian pada peserta didik kelas X semester I SMK Islamiyah Adiwerna Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2013/2014 bertujuan untuk menganalisis : (1) Ada atau tidak pengaruh positif pendekatan saintifik terhadap kemampuan penalaran matematis. (2) Ada atau tidak pengaruh positif motivasi terhadap kemampuan penalaran matematis. (3) Ada atau tidak pengaruh positif pendekatan saintifik dan motivasi terhadap kemampuan penalaran matematis. (4) Apakah kemampuan penalaran matematis peserta didik yang diajar dengan pendekatan saintifik lebih baik daripada pendekatan pembelajaran konvensional.
Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMK Islamiyah Adiwerna Kabupaten Tegal dengan jumlah peserta didik 322 peserta didik yang terbagi dalam 8 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan stratified random sampling. Sampel dalam penelitian ini ada 3 kelas dengan jumlah peserta didik setiap kelasnya adalah sama, dan jumlah keseluruhan sampel 72 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi (pengamatan) dan tes. Dimana observasi dan tes terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas pada kelas uji coba. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana, uji regresi linear ganda dan uji perbandingan 2 sampel.
Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) Pendekatan saintifik memiliki pengaruh sebesar 11,78% terhadap kemampuan penalaran matematis. (2) Motivasi memiliki pengaruh sebesar 65,35% terhadap kemampuan penalaran matematis. (3) Pendekatan saintifik dan motivasi memiliki pengaruh sebesar 65,57% terhadap kemampuan penalaran matematis. (4) Kemampuan penalaran matematis peserta didik yang diajar dengan pendekatan saintifik lebih baik daripada pendekatan pembelajaran konvensional.
01710500147 | MUB p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain