Skripsi
HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN AWAL DAN DISIPLIN BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Suatu Penelitian pada Peserta Didik Kelas X Semester Genap SMA Negeri Se Kota Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014)
Kata kunci : Kemampuan awal, disiplin belajar, prestasi belajar matematika.
Kemampuan awal dan disiplin belajar adalah salah satu faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi prestasi belajar matematika peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis hubungan positif kemampuan awal peserta didik terhadap prestasi belajar matematika peserta didik, (2) menganalisis hubungan positif disiplin belajar peserta didik terhadap prestasi belajar matematika peserta didik, (3) menganalisis hubungan positif kemampuan awal, disiplin belajar terhadap prestasi belajar matematika peserta didik.
Populasi penelitian ini adalah Peserta Didik Kelas X Semester Genap SMA Negeri Se Kota Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014 dengan jumlah anggota populasinya adalah 1298 peserta didik. Sampel penelitian ini diambil secara cluster random sampling kemudian diperoleh sebanyak 314 responden. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan angket mengenai disiplin belajar. Hasil uji validitas dan reliabilitas pada angket uji coba disiplin belajar diperoleh 30 butir pernyataan dari 40 butir pernyataan.Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji linear ganda, yang sebelumnya data diuji dengan uji Barlett untuk mengetahui bahwa populasi telah homogen, uji Liliefors untuk mengetahui normalitas data, dan uji asumsi klasik untuk mengetahui bahwa data tersebut tidak terjadi multikolinearitas, autokorelasi dan heterokedatisitas.
Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) kemampuan awal memiliki pengaruh positif sebesar 34,1% terhadap prestasi belajar matematika, (2) disiplin belajar memiliki pengaruh positif sebesar 51,1% terhadap prestasi belajar matematika, (3) kemampuan awal dan disiplin belajar memiliki pengaruh positif sebesar 57,8% terhadap prestasi belajar matematika. Kemampuan awal baik yang rendah maupun tinggi apabila didukung dengan dispilin belajar yang bagus maka akan mengakibatkan prestasi belajar cenderung lebih baik.
01710500041 | NUR h C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain