Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL SISWA (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VIII Semester II SMP Negeri 12 Kota Tegal Pokok Bahasan Kubus dan Balok Tahun Pelajaran 2013 / 2014 )
Kata Kunci : Keefektifan, Discovery Learning, Kemampuan Awal, Prestasi Belajar Matematika
Tingkat kemampuan awal siswa akan membantu guru menentukan apakah siswa mampu mengikuti pengajaran yang diberikan, serta mendeteksi keberhasilan atau gagalnya siswa yang bersangkutan bila telah mengikuti pembelajaran yang diberikan. Selain itu, penerapan model pembelajaran discovery learning juga merupakan faktor yang mampu meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan : (1) Ada atau tidaknya perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan model discovery learning dengan model konvensional; (2) Prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model discovery learning lebih baik daripada siswa yang diajar menggunakan model konvensional; (3) Prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model discovery learning lebih baik daripada siswa yang diajar menggunakan model konvensional pada siswa dengan kemampuan awal yang tinggi, sedang, maupun rendah.
Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Kota Tegal dengan jumlah 184 siswa yang terbagi dalam 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 1 kelas sebagai kelas eksperimen, 1 kelas sebagai kelas kontrol, dan 1 kelas sebagai kelas uji coba. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa tes prestasi dan telah teruji validitas dan reliabilitas pada taraf signifikansi 5%. Teknik analisis data menggunakan uji anava satu arah dan uji t yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat terlebih dahulu yaitu uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) Ada perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan model discovery learning terhadap model konvensional; (2) Prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model discovery learning lebih baik daripada siswa yang diajar menggunakan model konvensional; (3) Prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model discovery learning lebih baik daripada siswa yang diajar menggunakan model konvensional pada siswa dengan kemampuan awal yang tinggi, dan kemampuan awal yang sedang.
01710500151 | ASI k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain