Skripsi
EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR (Suatu Penelitian Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Larangan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2013/2014)
Kata Kunci: Model Pembelajaran Quantum Teaching, Gaya Belajar, Prestasi Belajar Matematika
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan: 1) adanya perbedaan prestasi belajar peserta didik yang diberi pembelajaran melalui model pembelajaran Quantum Teaching dengan model pembelajaran ekspositori ditinjau dari gaya belajar; 2) adanya perbedaan prestasi belajar peserta didik yang diberi pembelajaran melalui model pembelajaran Quantum Teaching dan model pembelajaran ekspositori ditinjau dari gaya belajar visual; 3) adanya perbedaan prestasi belajar peserta didik yang diberi pembelajaran melalui model pembelajaran Quantum Teachingdan model pembelajaran ekspositori ditinjau dari gaya belajar auditorial; 4) adanya perbedaan prestasi belajar peserta didik yang diberi pembelajaran melalui model pembelajaran Quantum Teachingdan model pembelajaran ekspositori ditinjau dari gaya belajar kinestetik.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII semester 2 SMP Negeri 3 Larangan Tahun Pelajaran 2013/2014 yang 324peserta didik. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, angket dan tes. Teknik analisis data dengan menggunakan uji anava Rancangan Acak Kelompok dilanjutkan uji lanjut anava dengan uji Benferoni untuk mengetahui tingkat pengaruh perlakuan.
Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan bahwa:1) ada perbedaan prestasi belajar peserta didik yang diberi pembelajaran melalui model pembelajaran Quantum Teaching dengan model pembelajaran ekspositori ditinjau dari gaya belajar; 2) adaperbedaan prestasi belajar peserta didik yang diberi pembelajaran melalui model pembelajaran Quantum Teaching dan model pembelajaran ekspositori ditinjau dari gaya belajar visual; 3) adaperbedaan prestasi belajar peserta didik yang diberi pembelajaran melalui model pembelajaran Quantum Teaching dan model pembelajaran ekspositori ditinjau dari gaya belajar auditorial; 4) adaperbedaan prestasi belajar peserta didik yang diberi pembelajaran melalui model pembelajaran Quantum Teachingdan model pembelajaran ekspositori ditinjau dari gaya belajar kinestetik.
01710500152 | NUR e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain