Skripsi
STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DAN SNOWBALL THROWING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas X Semester II di SMA Negeri 1 Pagerbarang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014)
Kata Kunci: Studi Komparasi, Model Pembelajaran NHT, Model Pembelajaran ST, Prestasi Belajar.
Tujuan penelitian adalah (1) untuk mengetahuiperbedaan prestasi belajar matematika pokok bahasan Trigonometri antara siswa yang menggunakan model pembelajaran NHT dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran ST dan, (2) untuk mengetahui model pembelajaran manakah yang lebih baik digunakan dalam pembelajaran matematika pokok bahasan Trigonometri kelas X semester II SMA Negeri 1 Pagerbarang.
Penelitian dilakukan pada siswa SMA Negeri 1 Pagerbarang kabupaten Tegal pada tahun pelajaran 2013/2014. Populasi semua siswa kelas X yang terdiri atas5 kelas. Dengan menggunakan teknik random sampling diambil 2 kelas sebagai kelas eksperimen, 1 kelas sebagai kelas uji coba. Metode pengumpulan data menggunakan teknik tes. Instrumen yang digunakan adalah tes dalam bentuk pilihan ganda yang di uji dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda.Tenik pengujian hipotesis: (1) uji-t dua pihak, (2) uji-t satu pihak, tetapi sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu data prestasi belajar tersebut diuji normalitas dan homogenitas sebagai uji prasyarat.
Hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan (1) ada perbedaan prestasi belajar matematika kelas yang menggunakan model pembelajaran NHT dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran ST dan, (2) model pembelajaran NHT lebih baik dibandingkan model pembelajaran ST terhadap prestasi belajar pada siswa kelas X semester II SMA Negeri 1 Pagerbarang Kabupaten TegalTahun Pelajaran 2013/2014.
01710500120 | MER s C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain