Skripsi
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII MATA PELAJARAN IPS EKONOMI MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE DI MTS ANNIDHOMIYAH NU BUNIWAH SIRAMPOG TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013
Kata Kunci : MetodeTipe Tink Pair, Pembelajaran IPS, dan Prestasi Belajar.
Masalah penelitian ini adalah : apakah metode Tipe Tink Pair Share pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII A MTS Annidhomiyah Buniwah ? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dalam efektivitas metode Tipe Tink Pair Share pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII A MTS Annidhomiyah Buniwah.
Hasil analisis data menunjukkan perolehan nilai saat pra siklus, yaitu nilai terendah 45, nilai tertinggi 85, dan nilai rerata 62,25 serta persentase keketuntasan belajar hanya mencapai angka sebesar 47,22%. Pada siklus I, nilai terendah 50, nilai tertinggi 90 dan nilai rerata 71,25 serta persentase keketuntasan belajar mencapai angka sebesar 75 %.
Pada siklus H, nilai terendah yaitu 50, nilai tertinggi 90 dan nilai rerata mencapai angka 73,75 serta persentase keketuntasan belajar mencapai angka sebesar 92,5 %. Data tersebut menunjukan adanya peningkatan prestasi belajar siswa kelas VII A MTS Annidhomiyah Buniwah pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Dapat disimpulkan bahwa metode Tipe Struktural Tink Pair Share dapat dijadikan metode alternatif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII A MTS Annidhomiyah 1 Buniwah Sirampog.
Disarankan agar guru sebaiknya menggunakan metode Tink Pair Share dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial untuk dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Siswa sebaiknya lebih aktif, inovatif dan kreatif dalam mengikuti pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial menggunakan metode Tink Pair Share agar memperoleh prestasi belajar yang maksimal.
011311510014 | MAS p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain