Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 3 TALANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci: model mind mapping (peta pikir), menulis, cerpen.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kemampuan menulis cerpen pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Talang. (2) Bagaimanakah pembelajaran menulis pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Talang. (3) model mind mapping (peta pikir) efektif dalam pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Talang.
Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan dan prestasi belajar menulis cerpen siswa yang diajarkan dengan model mind mapping (peta pikir) dengan siswa yang diajar tanpa menggunakan model mind mapping (peta pikir). Adapun populasi dalam penelitian ini, yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Talang tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 286 siswa. Dari 286 siswa tersebut diambil sampel secara cluster random sampling atau teknik acak berkelompok sebanyak 72 siswa yang dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok 1 sebanyak 36 siswa sebagai kelompok kontrol dan kelomok 2 sebanyak 36 siswa sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes.
Hasil penelitian ini diperoleh dari hasil penelitian pretes dan postes. Analisis dari penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji t nonindependen dan uji t independen. Berdasarkan hasil perhitungan uji t independen, kemampuan menulis cerpen pada kelas eksperimen diperoleh thitung = 6,25 sedangkan t.tabel 1,70 dengan derajat kebebasan 35 pada taraf signifikansi 0,05. Perbandingan tersebut membuktikan bahwa t.hitung lebih besar dari t.tabel (6,25 > 1,70). Hal ini membuktikan bahwa hipotesis penelitian ini diterima (Ho ditolak). Kemudian, kedua siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol diuji dengan menggunakan uji t independen (t-tes). Hasilnya adalah 2,43 (2,43 > 1,67). Ini menunjukkan bahwa t.hitung lebih besar dari pada t.tabel. Dengan demikian, Ho ditolak atau penelitian ini diterima.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VII SMP Negeri 3 Talang, tahun pelajaran 2013/2014 yang diberi pembelajaran dengan menggunakan dengan model mind mapping (peta pikir) akan memperoleh prestasi menulis cerpen lebih baik daripada siswa yang diberi pembelajaran tanpa menggunakan model mind mapping (peta pikir).
01510500111 | UMA k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain