Skripsi
EFEKTIFITAS LAYANAN KONSELING INDIVIDU DALAM MENGURANGI PERILAKU KELOMPOK AGRESIF PESERTA DIDIK KELAS X IPS SMA NEGRI 5 KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci: Layanan Konseling Individu, Perilaku Kelompok Agresif
Perilaku agresif merupakan suatu tingkah laku yang dilakukan seseorang dengan maksud untuk melukai, menyakiti dan membahayakan orang lain yang dilakukan secara sengaja. Perilaku agresif akan mempengaruhi proses belajar peserta didik, sehingga peserta didik tidak dapat mengikuti pelajaran secara optimal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1). Tingkat perilaku kelompok agresif pada peserta didi. 2).Tingkat layanan konseling individu dalam mengurangi perilaku kelompok agresif pada peserta didik. 3). Apakah layanan konseling individu efektif dalam mengurangi perilaku kelompok agresif pada peserta didik kelas X IPS SMA Negeri 5 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPS SMA Negeri 5 Tegal yang memilki karakteristik agresif berjumlah 20. Penelitian ini merupakan penelitian populasi yang tidak menggunakan sampel dan teknik sampling. Teknik pengumpulan data dengan angket, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas dan uji reliabilitas angket dinyatakan valid dan reliabel. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif persentase dan Korelasi Product Moment.
Peserta didik secara umum dapat dikatakan kurang karena dilihat dari analisis menunjukkan kriteria kurang sebanyak peserta didik 25% untuk layanan konseling idividu dan kriteria kurang sebanyak 6 peserta didik 30%. Dari hasil analisis data di peroleh rxy sebesar 0,762 jika dikonsultasikan dengan rtabel pada taraf signifikan 5% dengan N = 20 diperoleh nilai rtabel sebesar 0,444, maka dapat disimpulkan rxy > rtabel artinya layanan konseling individu efektif dalam mengurangi perilaku kelompok agresif peserta didik kelas X IPS SMA Negeri 5 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014.
Berdasarkan hasil penelitian maka saran dari penulis, menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan konseling individu pada peserta didik kelas X IPS SMA Negeri 5 Tegal tergolong dalam kategori kurang. Oleh karena itu, pihak guru pembimbing hendaknya lebih memahami dan membaerikan motivasi kepada peserta didik agar prestasinya meningkat. Peserta didik harus terus berusaha dalam meningkatkan prestasinya secara optimal.
01110500053 | SAF e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain