Skripsi
PERSEPSI SISWA TENTANG FASILITAS BELAJAR BANK MINIDAN PENGARUHNYA TERHADAPPRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARANAKUNTANSI KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NU 01 SLAWI TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata kunci : Fasilitas Belajar, Bank Mini, Prestasi Belajar Siswa
Penelitian ini mengupas mengenai persepsi siswa tentang fasilitas belajar bank mini pengaruhnya terhdap prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa tentang fasilitas belajar bank mini dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Program keahlian Akuntansi pada mata pelajaran Akuntansi SMK NU 01 Slawi Kabupaten Tegal.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kuantitatif. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK NU 01 Slawi Program keahlian Akuntansi tahun pelajaran 2013/2014 dengan populasi 185 siswa dan diambil sampel 47 siswa. Sedangkan datanya berupa skor jawaban angket yang diisi oleh siswa.Instrumen angket penelitian diuji dengan validitas dan reliabilitas alpha yang kemudian dianalisis dengan menggunakan korelasi product moment.
Hasil penelitian ini menunjukan : Persepsi siswa terhadap fasilitas belajar bank mini dalam kategori tidak memuaskan, di tunjukan pada analisis deskriptif dengan prosentase 63,83% siswa menyatakan tidak puas dengan fasilitas belajar bank mini. Hasil perhitungan analisis regresi menunjukan bahwa Y = 73,66 + 0,156X. Dari analisis tersebut diketahui bahwa koefisien b bernilai positif. Hal ini berarti variabel persepsi siswa tentang fasilitas belajar bank mini berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI Program keahlian Akuntansi SMK NU 01 Slawi. Selanjutnya hasil uji t,thitung = 1,344 lebihkecil dari nilai ttabel = 1,647. hal ini menunjukan bahwa persepsi siswa tentang fasilitas belajar bank mini tidak berpengaruh signifikan terhadap tinggi rendahnya prestasi belajar siswa. Dari hasil tersebut berarti bahwa persepsi siswa tentang fasilitas belajar Bank Mini tidak mempengaruhi tinggi rendahnya nilai prestasi belajar.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa persepsi siswa tentang fasilitas belajar bank mini menyatakan tidak memuaskan, hal ini juga tidak mempengaruhi terhadap tinggi rendahnya nilai prestasi siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI program keahlian akuntansi SMK NU 01 Slawi Tahun Pelajaran 2013/2014.
01310500088 | PRA p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain