Skripsi
PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP PEMBELAJARAN KEWARGANEGARAAN BERBASIS ETIKA (STUDI KUALITATIF PADA PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 1 DUKUHTURI KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata kunci : Persepsi, Pembelajaran, Kewarganegaraan
Secara kodrati manusia selalu ingin mendidik keturunannya dan ini berarti masalah pendidikan adalah masalah yang sangat dasar dimiiki oleh tiap-tiap manusia. Pendidikan Kewarganegaraan merupakan pendidikan yang memanusiakan manusia dimana akan memberikan pengetahuan yang perlu dan berguna untuk kemerdekaan hidup. Rumusan masalah penelitian adalah : Bagaimanakah persepsi peserta didik terhadap pembelajaran Kewarganegaraan berbasis etika di SMK Negeri 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014. Identifikasi penelitian ini adalah ada beberapa peserta didik yang tidak menyukai mata pelajaran Kewarganegaraan.
Tujuan penelitian ini, untuk (1) Mengetahui pembelajaran Kewarganegaraan (2) Mengetahui etika peserta didik di SMK Negeri 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014 (3) Mengetahui persepsi peserta didik terhadap pembelajaran Kewarganegaraan berbasis etika di SMK Negeri 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014.
Pendekatan penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dimana pendekatan yang lebih banyak ditujukan pada pembentukan teori substansif berdasar pada konsep-konsep yang timbul dari data empiris. Dengan sampel 38 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi pustaka
Hasil pembahasan pada penelitian adalah bahwa pembelajaran Kewarganegaraan merupakan jati diri bangsa Indonesia yang menjadi pedoman nilai dan norma bagi seluruh masyarakat Indonesia. Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang menjadi mata pelajaran wajib dari Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi. Khususnya para generasi muda Indonesia yang terlihat semakin anti Pancasila. Dengan adanya kondisi yang demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Persepsi Peserta Didik terhadap Pembelajaran Kewarganegaraan Berbasis Etika.
Pendidikan Kewarganegaraan, yang meliputi; 1) Ketaqwaan; 2) Toleransi; 3) Persamaan Derajat; 4) Rela Berkorban; 5) Kesederhanaan; 6) Kedisiplinan; 7) Kesadaran; 8) Persatuan dan Kesatuan; 9) Cinta Tanah Air; 10) Musyawarah; 11) Pengendalian Diri; dan 12) Keadilan.
Saran: Sebagian besar peserta didik memiliki persepsi yang positif terhadap keseluruhan materi yang diajarkan dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, Perlu diupayakan agar materi Pendidikan Kewarganegaraan tersebut jangan sekedar teori, karena kebanyakan materi peserta didik akan menjumpai kebosanan.
01210500070 | ROS p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain