Skripsi
PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BULAKAMBA BREBES TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata kunci : Penerapan Pendekatan Kontekstual Dan Kemandirian Belajar Siswa.
Pembelajaran kontekstual adalah pembelajaran yang dimulai dengan sajian atau tanya jawab lisan (ramah, terbuka, negosiasi) yang terkait dengan dunia nyata kehidupan peserta didik (daily life modeling), sehingga akan terasa manfaat dari materi yang akan disajikan, motivasi belajar muncul, dunia pikiran peserta didik menjadi konkret, dan suasana menjadi kondusif, nyaman dan menyenangkan. Perinsip pembelajaran kontekstual adalah aktivitas peserta didik, peserta didik melakukan dan mengalami, tidak hanya menonton dan mencatat, dan mengembangkan kemampuan sosialisasi.
Penerapan pendekatan kontekstual tergolong dari dalam kategori diperlukan, hal ini terbukti dari hasil analisis deskripsi variabel X diperoleh persepsi peserta didik secara berturut turut: sangat diperlukan sebanyak 3,33%, diperlukan sebanyak 15%, cukup diperlukan sebanyak 35% kurang diperlukan sebanyak 8,33% tidak diperlukan sebanyak 5%. Sedangkan mean atau sekor rata- rata sebesar 101,05 yang terletak pada interval 95-101 dalam kategori netral.Sedangkan kemandirian belajar peserta didik tergolong dalam kategori sangat mandiri. Hal ini terbukti dari hasil analisis deskripsi variabel Y menurut persepsi peserta didik secara berturut-turut: tidak mandiri sebanyak 5%,cukup mandiri sebanyak 43,33% dan sangat mandiri sebanyak 5%. Sedangkan mean atau skor rata-rata sebesar 106,00 yang terletak pada interval 106-112 dalam kategori cukup mandiri. Ada hubungan antara penerapan pendekatan kontekstual dengan kemandirian belajar peserta didik SMA Negeri 1 Bulakamba Brebes Tahun 2013/2014.
Hal ini dibuktikan hasil analisis statistik korelasi produc moment pendekatan kontekstual diperoleh rhitung sebesar 0,859 dan setelah dikonsultasikan rtabel untuk n:25 taraf signifikan 5% diperoleh rtabel 0,039 maka rxy > rtabel atau 0,859 > 0,396. Sedangkan kemandirian belajar diperoleh rhitung sebesar 0,555 dan setelah dikonsultasikan rtabel untuk n:25 tarafsignifikan 5% diperoleh rtabel 0,396 maka rxy > rtabel atau 0,555 > 0,396 yang berarti hipotesis penelitian (ha) diterima.
Para guru di SMA Negeri 1 Bulakamba Brebes perlu memperhatikan respon peserta didik atas penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Hala ini perlu diperhatikan karena dapat meningkatkan kemandirian belajar peserta didik.
01210500091 | HAN p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain