Skripsi
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CURAH PENDAPAT (BRAINSTORMING) TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BULAKAMBA BREBES TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata kunci : Brainstorming, prestasi belajar
Pendidikan memegang peranan penting dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas. Oleh karena itu, pendidikan hendaknya dikelola, baik secara kualitas maupun kuantitas. Dalam pendidikan, aspek pembelajaran merupakan elemen yang memiliki pengaruh yang sangat signifikan untuk mewujudkan kualitas lulusan atau output pendidikan
Rumusan masalah penelitian adalah : (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe curah pendapat (Brainstorming) pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Bulakamba Brebes Tahun Pelajaran 2013/2014, (2) Bagaimana prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Bulakamba Brebes Tahun Pelajaran 2013/2014 (3) Apakah ada pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran kooperatif tipe curah pendapat (Brainstroming) terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Bulakamba Brebes Tahun Pelajaran 2013/2014?
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Artinya dalam konteks kuantitatif, terdapat konsep-konsep kunci mengenai penerapan model pembelajaran kooperatif tipe curah pendapat (brainstorming) terhadap prestasi belajar mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Bulakamba Tahun Pelajaran 2013/2014, sebanyak 334.Teknik random sampling merupakan teknik pengambilan sampel sebanyak 67 peserta didik.Pengumpulan data dilakukan dengan penjabaran angket, dokumentasi, absensi peserta didik dan data pendukung lainnya yang berhubungan dengan materi penelitian.
Korelasi rxy) sebesar 0,5135 dikaitkan dengan tabel Interpretasi Nilai r (korelasi) sesuai dengan Tabel 2 : Interpretasi Nilai r pada bab III, maka nilai 0,5135 terletak diantara interval koefisien 0.40 – 0.599 yang berarti bahwa hubungan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe curah (brainstorming) terhadap prestasi belajar pada pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bulakamba Brebes Tahun Pelajaran 2013/2014adalah sedang.
Pihak sekolah, penelitian ini wajib dimiliki dalam rangkat pemahaman dan peningkatan biadang pengajaran serta meningkatkan kualitas kepada para perangkat sekolah. Pihak peserta didik, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan secara maksimal sehingga peningkatan prestasi belajar bisa terwujud. Pihak guru wajib diikutkan dalam penelitian sehingga keterbatasan penelitian ini diharapkan dapat dijadikan dasar penelitian selanjutnya dengan kajian riset yang berbeda seperti kompetensi profesional, kompetensi sosial, sehingga dapat melengkapi esensi kompetensi guru secara umum.
01210500008 | NUR p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain