Skripsi
EVALUASI PENGGUNAAN FASILITAS SARANA PRASARANA DALAM PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KECAMATAN MARGADANA KOTA TEGAL
Pelayanan publik merupakan wujud nyata penyelenggaraan good governance dalam masyarakat. Karakteristik good governance mencitrakan pelaksanaan pelayanan publik yang ideal dengan dilandasi oleh prinsip-prinsip dasar yakni, transparansi, partisipasi, akuntabilitas, reponsif, demokratis, efektif efisien dan perlindungan hukum terhadap hak-hak asasi manusia.
Hal ini karena prestasi pelayanan publik di Kecamatan Margadana dinilai cukup, meski belum memuaskan. Pelayanan publik merupakan masalah serius terkait dengan penyelenggaraan pemerintahan dan akkuntabilitas birokrasi dalam menjalankan kinerja dan fungsi-fungsi administrasi yang diartikan sebagai penyediaan barang-barang dan jasa-jasa publik yang pada hakekatnya menjadi tanggungjawab pemerintah.
Penelitian ini memfokuskan pada evaluasi penggunaan fasilitas sarana prasarana dalam pelayanan public di kantor Kecamatan Margadana Kota Tegal mengemban fungsi sebagai penyelenggaran pelayanan publik bidang publik. Oleh karena itu, implementasi Perda Pelayanan Publik mempengaruhi kualitas pelayanan di kantor tersebut. Melalui proses sinkronisasi kebijakan di lingkungan kantor Kecamatan Margadana Kota Tegal pelayanan public diselenggarakan dengan mengedepankan pelayanan prima yang pada intinya memposisikan masyarakat sebagai tujuan utama dalam memperoleh pelayanan
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan penjelasan kualitatif. Dimana dalam penelitian ini hanya mendeskripsikan atau menggambarkan kegiatan pelayanan di kantor Kecamatan Margadana Kota Tegal.
Hasil penelitian mengungkapkan Perda Pelayanan Publik diterjemahkan melalui Program Pelayanan Prima sebagai bentuk pelayanan kepada pelanggan melebihi daripada yang mereka harapkan, pada saat mereka membutuhkan dengan cara yang mereka inginkan. Namun demikian tindak lanjut sinkronisasi di lapangan menemui masalah dalam hal pendanaan, keterbatasan SDM dan kesejahteraan pegawai.
Pelayanan Publik sangat mempengaruhi kualitas pelayanan publik. Paradigma baru pelayanan prima memposisikan masyarakat sebagai keutamaan dalam memperoleh pelayanan dapat dirasakan dampaknya di kalangan pelanggan.
Kata kunci : studi evaluasi, pelayanan publik, pemerintahan, peraturan daerah, implementasi.
02110500024 | AST e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain