Skripsi
PENGARUH MEDIA INFORMASI TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPS SMA NEGERI 4 TEGAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci : Media Informasi, Kedisiplinan Belajar
Penelitian ini bertujuan : untuk mengetahui dampak media informasi yang sedang trend di kalangan peserta didik, untuk mengetahui kedisiplinan belajar peserta didik, untuk mengetahui pengaruh media informasi terhadap kedisiplinan belajar peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri Kota Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 4 Kota Tegal yang berjumlah 115 peserta didik. Teknik sampling yang digunakan adalah proporsional random sampling . pengambilan sampel dalam penelitian adalah 25% dari seluruh populasi yang berjumlah 115 peserta didik sehingga didapat sampel penelitian sejumlah 29 peserta didik.
Hasil penelitian mengenai pengaruh media informasi menunjukkan yang termasuk dalam kategori sangat baik dalam terdapat 2 peserta didik dengan pencapaian persentase 6,9%. Yang termasuk dalam kategori baik terdapat 3 peserta didik dengan pencapaian persentase 10,3%. Dalam kategori cukupterdapat 7 peserta didik dengan persentase 24,1%. Kategori sedang 10 peserta dengan persentase 34,5%. Kategori rendah 3 peserta didik dengan persentase 10,3%. Dan 2 peserta didik dalam kategori sangat rendah nilai dengan persentase 6,9%. Sedangkan hasil penelitian mengenai kedisiplinan belajar peserta didik menunjukkan 1 peserta didik dalam kategori sangat tinggi dengan persentase 3,4%. Terdapat 3 peserta didik dalam kategori tinggi dengan persentase 10,3%. Terdapat 6 peserta didik dalam kategori cukup dengan persentase 20,7%. terdapat 12 peserta didik dalam kategori sedang dengan persentase 41,4%. terdapat 5 peserta didik dalam kategori rendah dengan persentase 17,2%. Dan 2 peserta didik dalam kategori sangat rendah dengan persentase 6,9%. Selanjutnya berdasarkan hasil analisis menggunakan perhitungan product moment yang tercantum di atas, menghasilkan rhitung (rxy) sebesar 0,596 menunjukkan nilai yang lebih besar dari rtabel dengan N29 pada taraf signifikansi 5% ( 0,369 ). Sehingga dengan demikian, karena rhitung > rtabel ( 0,596 > 0,369 ) berarti hipotesis kerja (Ha) yang mengemukakan “Ada Pengaruh Media Informasi terhadap Kedisiplinan Belajar Peserta Didik Kelas XI IPS SMA Negeri 4 Kota Tegal tahun pelajaran 2013/2014”, diterima. Dan menolak hipotesis nihil (Ho) yang mengemukakan “Tidak Ada Pengaruh Media Informasi Terhadap Kedisiplinan Belajra Peserta Didik Kelas XI IPS SMA Negeri 4 Kota Tegal tahun pelajaran 2013 / 2014”.
Dengan demikian penulis menyimpulkan bahwa penggunaan media informasi memiliki pengaruh terhadap kedisiplinan belajar peserta didik. Sehingga penulis menyarankan orang tua serta guru disekolah agar dapat memberikan perhatian serta pengawasan terhadap pemanfaatan media informasi yang digunakan oleh anak maupun peserta didiknya.
01109501271 | OKT p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain