Skripsi
PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DI RUMAH TERHADAP DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA MUHAMMADIYAH SURADADI KAB TEGAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci : Pengaruh Perhatian Orang Tua Di Rumah, Terhadap Disiplin Belajar Peserta Didik.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah perhatian orang tua terhadap disiplin belajar peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah Suradadi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014?, 2) Bagaimanakah kedisiplinan peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah Suradadi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014?, 3) Adakah pengaruh yang signifikan perhatian orang tua terhadap disiplin belajar peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah Suradadi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014?.
Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui perhatian orang tua terhadap disiplin belajar peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah Suradadi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014, 2) Untuk mengetahui kedisiplinan belajar peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah Suradadi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014, 3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan perhatian orang tua terhadap disiplin belajar peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah Suradadi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014.
Populasi penelitian ini berjumlah 30 peserta didik yang terdiri dari 1kelas dengan sampel berjumlah 30 peserta didik, menggunakan teknik populasi penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dan dokumentasi. Uji validitas dalam penelitian ini menggunakan rumus product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif prosentase dan korelasi product moment.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1). perhatian orang tua di rumah terhadap peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah Suradadi Kabupaten Tegal dalam kategori “tinggi” dengan prosentase 33,33% penerapan disiplin belajar terhadap peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah Suradadi Kabupaten Tegal dalam kategori “tinggi” dengan prosentase 26,66%. yang diuraikan pada hasil kedua variabel dengan menggunakan rumus product moment, dengan hasil data diperoleh rhitung (0,428) dengan jumlah 30 peserta didik.
Saran peneliti kepada orang tua peserta didik 1) Orang tua hendaknya memberikan perhatian yang baik dan tepat sesuai dengan kepribadian anak. 2) Peserta didik hendaknya lebih meningkatkan disiplin belajarnya baik agar dapat meningkatkan penguasaan materi pelajaran, dan ketrampilan dalam memecahkan masalah. 3) Dalam meningkatkan mutu pendidikan dan kelancaran proses belajar mengajar seorang pendidik hendaknya ikut aktif dalam membantu anak didik dalam meningkatkan disiplin belajar.
01109501190 | AST p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain