Penelitian
Pembelajaran Sastra Mengembangkan Karakter Anak Bangsa
Dikemukan Steven R Covey (1997) bahwa sukses seseorang bukan ditentukan oleh kepribadian, melainkan oleh karakter. Kepribadian merupakan berbagai aspek yang namtak pada diri seseorang, seperti penampilan yang rapi, wajah cantik, ramah, selalu berdasi, sepatu mengkilap, rambut selalu licin, berbau wangi, dan sebagainya. Sedangkan karakter merupakan sifat tersembunyi pada diri seseorang. Kemauan bekerja keras adalah karakter. Kejujuran adalah karakter. Rendah hati adalah karakter. Kesederhanaan adalah karakter. Sifat pantang menyerh, ulet, dan tekun adalah karakter.
Penanaman aspek karakter pada diri seseorang dapat dilakukan melalui jalur pendidikan. Jalan pendidikan dimaksud antara lain adalah melalui pembelajaran astra. Khususnya sastra anak. Karena karakter hanya bisa dibentuk pada diri anak. Untuk orang dewasa tidak bisa. Makalah pendek ini akan membicarakan hal itu, yaitu persoalan penanaman aspek karakter pada diri anak melalui pembelajaran sastra anak. Oleh karena itu, beberapa persoalan yang akan dibicarakan dalam makalah ini adalah: fungsi sastra, sastra anak, peran guru dalam pembelajaran, peran perpustakaan, peran pengarang atau penyair, dan hasil penelitian MC Slailen.
23012015PRO | 410 MUL p C.1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain