Penelitian
HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR PADA MATERI DEMOKRASI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP SIKAP DEMOKRASI PESERTA DIDIK KELAS VI S D NEGERI SAWOJAJAR 02 KECAMATAN WANASARI KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2010/2011
NURCHOLIS. 2011. Prestasi Belajar Pada Materi Demokrasi Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan terhadap Sikap Demokrasi Peserta didik Kelas VI SD Negeri Sawojajar 02 Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011. Peserta didik.Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
Kata Kunci: Prestasi, Sikap dan Demokrasi
Indonesia diharapkan akan semakin bergerak menuju negara yang demokratis. melalui pendidikan diharapkan akan membentuk warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab yang tercermin dalam sikap dan perilaku. Tujuan tersebut dapat dicapai dengan cara membekali peserta didik materi demokrasi. Permasalahannya adalah“apakah ada hubungan yang signifikan prestasi belajar pada materi demokrasi terhadap sikap demokrasi peserta didik Kelas VI SD Negeri Sawojajar 02 Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011?”.
Pemberian materi demokrasi pada peserta didik dilakukan dengan cara pendekatan pembelajaran yang sesuai kondisi peserta didik. Kemudian untuk mengetahui penguasaan materi dari peserta didik, digunakan evaluasi formatif yang menghasilkan nilai prestasi belajar peserta didik. Nilai prestasi belajar peserta didik yang baik pada materi demokrasi, diharapkan peserta didik makin memahami nilai-nilai demokrasi yang diwujudkan dengan sikap. Hal tersebut merupakan kerangka berpikir dalam penelitian ini. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang hubungan antara prestasi belajar pada materi demokrasi dengan sikap demokrasi peserta didik.
Hipotesis pada penelitian ini adalah sebagai berikut; “ada hubungan yang signifikan prestasi belajar materi demokrasi pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan terhadap sikap demokrasi peserta didik Kelas VI SD Negeri Sawojajar 02 Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011”.
Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik Kelas VI SD Negeri Sawojajar 02 Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011 dengan jumlah 42 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner untuk mengetahui sikap demokrasi peserta didik. Sedangkan teknik analisis data digunakan adalah statistika uji chi-kuadrat.
Hasil penelitian dengan uji chi-kuadrat diperoleh nilai sebesar 7.58 (nilai ). Untuk pengujian hipotesis maka nilai tersebut dikonsultasikan pada tabel nilai kritis distribusi chi-kuadrat. Pada tabel nilai kritis distribusi chi-kuadrat. dengan nilai kritis = 1 dan taraf signifikansi didapat . Maka didapat hasil nilai > .
Simpulkannya ada hubungan yang signifikan prestasi belajar materi demokrasi terhadap sikap demokrasi peserta didik kelas VI SD Negeri Sawojajar 02 Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011.
7312015PEN | 323 NUR h C.1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain