Penelitian
PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DI KELAS VIII A MTs MIFTAHUL ‘ULUM BULAKAN TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015
NURCHOLIS, NIP. 195406201982031002. Judul Penelitian : Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PKn Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match di Kelas VIII A MTs Miftahul Ulum Bulakan 2014/2015.
Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif, Make a Match, Aktivitas Belajar
Penggunaan model pembelajaran yang tepat akan lebih mengarahkan aktivitas belajar. Salah satu model pembelajaran yang digunakan adalah model make a match. Dimana model pembelajaran ini dapat menyenangkan siswa, meningkatkan aktivitas dan motivasi belajar siswa, model ini juga lebih menggunakan keterlibatan siswa yang diharapkan dapat mencapai tujuan pembelajaran secara optimal serta dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn pada siswa kelas VIII A MTs Miftahul Ulum Bulakan Tahun Pelajaran 2014/2015.
Rumusan masalah dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: 1). Bagaimana aktivitas belajar siswa sebelum diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam pembelajaran PKN pada siswa kelas VIII A MTs Miftahul Ulum Bulakan Tahun Pelajaran 2014/2015?, 2). Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a match dalam pembelajaran PKN pada siswa kelas VIII A MTs Miftahul Ulum Bulakan Tahun Pelajaran 2014/’2015?, 3). Apakah dengan model pembelajaran kooperatif tipe Make a match dapat meningkatkan aktivitas belajar dalam pembelajaran PKn pada peserta didik Kelas VIII A MTs Miftahul Ulum Bulakan Tahun Pelajaran 2014/2015?
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan pada semester genap pada tahun pelajaran 2013/ 2014 dengan mengacu pada jadwal sekolah yang telah ditentukan serta dilaksanakan di MTs Miftahul ‘Ulum Bulakan dengan subjek penelitiannya siswa kelas VIII A MTs Miftahul Ulum Bulakan Tahun Pelajaran 2014/2015. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain dokumentasi, observasi, wawancara, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah dengan metode deskriptif.
Pelaksanaan metode Make a match telah dilaksanakan oleh guru dengan baik, begitu juga siswa dalam mengikuti pembelajarannya. Hal ini terbukti berdasarkan hasil penelitian yang dijelaskan dapat meningkatkan prestasi belajar PKn siswa kelas VIII A MTs Miftahul Ulum Bulakan Tahun Pelajaran 2014/2015 sehingga rumusan hipotesis yang diajukan yaitu “pembelajaran dengan menggunakan metode metode Make a match dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi kedaulatan rakyat dalam sistem pemerintahan Indonesia pada siswa kelas VIII A MTs Miftahul Ulum Bulakan Tahun Pelajaran 2014/2015” dapat diterima.
Namun masih terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan mengingat pentingnya pembelajaran PKn pada tingkat dasar dan mengingat pendidikan Kewarganegaraan tidak hanya bersifat materi tetapi perlu pengamalan nyata, antara lain; dalam proses belajar mengajar guru harus benar-benar paham menyiapkan pembelajaran dengan sebaik mungkin, guru merancang sedemikian rupa dan memperkaya variasi mengajar, seluruh pihak sekolah mendukung dalam kegiatan pembelajaran serta memfasilitasi proses pembelajaran dengan melengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan.
7342015PEN | 323 NUR p C.1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain