Skripsi
PENGARUH BUDAYA, SOSIAL, PRIBADI DAN PSIKOLOGI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA USAHA MEUBEL UKIR JEPARA AL HIKMAH KABUPATEN TEGAL
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh budaya terhadap keputusan pembelian (2) untuk mengetahui pengaruh sosial terhadap keputusan pembelian (3) untuk mengetahui pengaruh pribadi terhadap keputusan pembelian (4) untuk mengetahui pengaruh psikologi terhadap keputusan pembelian (5) untuk mengetahui pengaruh budaya, sosial, pribadi, psikologis secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian.
Hipotesis dalam penelitian adalah (1) terdapat pengaruh budaya terhadap keputusan pembelian (2) terdapat pengaruh sosial terhadap keputusan pembelian (3) terdapat pengaruh pribadi terhadap keputusan pembelian (4) terdapat pengaruh psikologi terhadap keputusan pembelian (5) terdapat pengaruh budaya, sosial, pribadi, psikologis secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis korelasi rank spearman, uji signifikansi koefisien korelasi, analisis korelasi berganda, uji signifikansi koefisien korelasi berganda, dan analisis koefisien determinasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Terdapat pengaruh budaya terhadap keputusan pembelian. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai korelasi (rs) sebesar 0,683 bernilai positif. Hal itu artinya pengaruh budaya dengan keputusan pembelian tergolong kuat dan positif. Dari hasil uji signifikansi korelasi rank spearman pada taraf signifikansi 0,05 diperoleh hasil sig 0,000, dengan demikian hipotesis pertama terbukti kebenarannya. (2) terdapat pengaruh sosial terhadap keputusan pembelian. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai korelasi (rs) sebesar 0,678 bernilai positif. Hal itu artinya pengaruh sosial dengan keputusan pembelian tergolong kuat dan positif Dari hasil uji signifikansi korelasi rank spearman pada taraf signifikansi 0,05 diperoleh hasil sig 0,000, dengan demikian hipotesis kedua terbukti kebenarannya. (3) terdapat pengaruh pribadi terhadap keputusan pembelian. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai korelasi (rs) sebesar 0,630 bernilai positif. Hal itu artinya pengaruh pribadi dengan keputusan pembelian tergolong kuat dan positif. Dari hasil uji signifikansi korelasi rank spearman pada taraf signifikansi 0,05 diperoleh hasil sig 0,000, dengan demikian hipotesis ketiga terbukti kebenarannya. (4) terdapat pengaruh psikologi terhadap keputusan pembelian. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai korelasi (rs) sebesar 0,649 bernilai positif. Hal itu artinya pengaruh psikologi dengan keputusan pembelian tergolong kuat dan positif. Dari hasil uji signifikansi korelasi rank spearman pada taraf signifikansi 0,05 diperoleh hasil sig 0,000, dengan demikian hipotesis keempat terbukti kebenarannya. (5) Terdapat pengaruh budaya, sosial, pribadi, psikologis secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian dibuktikan dengan nilai korelasi (rs) sebesar 0884. Hal itu artinya hubungan budaya, sosial, pribadi, psikologis secara bersama-sama keputusan pembelian tergolong sangat kuat dan positif. Dari hasil uji signifikansi korelasi berganda pada taraf signifikansi 0,05 diperoleh hasil sig 0,000, dengan demikian hipotesis kelima terbukti kebenarannya.
41105000050 | ALI p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain