Skripsi
KEEFEKTIFAN METODE ECOLA DALAM PENGEMBANGAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BULAKAMBA TAHUN AJARAN 2013/2014
Kata kunci: metode ECOLA, membaca intensif
Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan pengembangan keterampilan membaca intensif siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran metode ECOLA dalam pengembangan keterampilan membaca intensif, dan mendeskripsikan keefektifan metode ECOLA dalam pengembangan keterampilan membaca intensif siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bulakamba.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan 141 siswa, sampel 68 dibagi 2 kelompok (eksperimen=34, uji coba=34). Sumber data penelitian ini adalah siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes, sedangkan teknik analisis data melalui uji t non-independen dan uji t-independen.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dari hasil observasi pertama atau sebelum penelitian dimulai, kedua kelas mengalami permasalahan yang sama yaitu, kurangnya minat membaca siswa, kurang efektifnya metode pembelajaran yang digunakan dan kurangnya media pembelajaran yang menarik siswa dalam membaca. Setelah melakukan pembelajaran dengan menggunakan metode ECOLA pada kelas eksperimen di peroleh nilai rata-ratanya adalah 89,02, sedangkan pada kelas uji coba tanpa menggunakan metode ECOLA diperoleh nilai rata-tara 74,76. Artinya metode ECOLA dalam pengembangan keterampilan membaca intensif pada pembelajaran bahasa Indonesia efektif dan mampu meningkatkan prestasi belajar siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode ECOLA dalam pengembangan ketrampilan membaca intensif siswa berpengaruh positif pada siswa kelas XI IPA Negeri 1 Bulakamba.
Berdasarkan hasil penelitin, maka disarankan kepada siswa untuk melatih diri dalam mengembangkan keterampilan membaca. Pihak guru diharapkan menggunakan metode yang sesuai untuk memotivasi dan menarik minat siswa. Pihak sekolah juga diharapkan dapat mengembangkan media pembelajaran lain dan memberikan arahan kepada guru-guru dalam mengembangkan metode pembelajaran lain.
15105000650 | LIS k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain