Skripsi
HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI MTs NEGERI MODEL BABAKAN LEBAKSIU TEGAL TAHUN AJARAN 2012 / 2013
Abdur, Rokhman Hida.2013. “Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPS Kelas VII di MTs Negeri Model Babakan Lebaksiu Tegal Tahun Ajaran 2012 / 2013 ”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dra. Hj. Dewi Apriani Fr, M.M,
Pembimbing II Dewi Amaliah Nafiati, S.Pd, M.Si
Kata Kunci : Motivasi Belajar, Prestasi Belajar pada mata pelajaran IPS
Topik penelitian ini adalah ada hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi siswa kelas Tujuh di MTs Negeri Model Babakan Lebaksiu Tegal pada tahun akademik 2012 / 2013. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas VII di MTs Negeri Model Babakan lebaksiu.
Populasi penelitian ini adalah siswa tahun ajaran pertama di MTs Negeri Model Babakan Lebaksiu Tegal Tahun Ajaran 2012/2013 sejumlah 440 siswa. Penulis memilih 44 siswa sebagai sampel 10 % dari 440 siswa, dengan menggunakan Teknik Random Sampling.
Secara kuantitaif diperoleh hasil korelasi rhitung = 0,699 dengan taraf signifikan 1%. Nilai positif dan lebih besar dari rtabel = 0,384. Karena rhitung > rtabel, maka hipotesis penelitian yang dirumuskan yaitu “ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VII MTs Negeri Model Babakan Tahun Ajaran 2012/2013.
Saran bagi peserta didik dengan adanya motivas belajar dapat meningkatkan prestasi belajar, bagi guru mata pelajar hendaknya ikut mengawasi peserta didiknya dan bagi guru supaya pengawasan secara maksimal.
13065002860 | ABD h C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain