Skripsi
EFEKTIVITAS METODE CERAMAH BERVARIASI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENGANTAR EKONOMI DAN BISNIS PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 DUKUHTURI TAHUN PELAJARAN 2013/2014
FEBRUANTI, RINA. 2014. Efektifitas Metode Ceramah Bervariasi Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi dan Bisnis Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Dukuhturi Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dr. Yayat Hidayat Amir, M.Pd; Pembimbing II A. Rony Yulianto, M.Pd
Kata kunci : metode ceramah bervariasi, prestasi belajar pengantar ekonomi dan bisnis.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas metode ceramah bervariasi dalam meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis .
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMKN 1 Dukuhturi tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 382 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling, sehingga sampel yang diambil sebanyak 62 siswa yang terdiri dari 31 siswa dari kelas X Ak 2 sebagai kelompok eksperimen dan 31 siswa dari kelas X Ak 3 sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji-t.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, ada pengaruh yang signifikan antara prestasi belajar siswa yang menggunakan metode ceramah bervariasi dengan prestasi belajar siswa yang menggunakan metode ceramah biasa. Ini dibuktikan dengan hasil uji-t yang kemudian dikonsultasikan pada t_tabel pada derajat kebebasan atau degrees of freedom (df=60) pada taraf signifikan 5%, diperoleh t_hitung sebesar 4,283>t_tabel sebesar 2,000.
Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada siswa untuk meningkatkan prestasi belajarnya dan memperbanyak latihan mengerjakan soal pengantar ekonomi dan bisnis serta banyak bertanya tentang pengantar ekonomi dan bisnis. Pihak guru disarankan untuk memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis. Pihak orangtua disarankan untuk memperhatikan anak saat belajar dan memberikan bimbingan dan motivasi kepada anak untuk meningkatkan prestasi belajar pengantar ekonomi dan bisnis.
13105000660 | FEB e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain