Skripsi
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE PAIR CHECK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA PGRI 3 RANDUDONGKAL TAHUN PELAJARAN 2014/2015
MUKHSININ. 2014. Penerapan Model Pembelajaran tipe pair check Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IIS SMA PGRI 3 Randudongkal Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dr. Basukiyatno, M.Pd.; Pembimbing II Dewi Amaliah Nafiati, S.Pd, M.Si.
Kata Kunci : Model pair check, Model Ceramah, Hasil Belajar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran pair check terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IIS SMA PGRI 3 Randudongkal tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif karena menggunakan angka-angka sebagai sumber pengolahan datanya ditunjang oleh studi kepustakaan sesuai dengan karakteristik yang diteliti dan data yang dikumpulkan.
Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS SMA PGRI 3 Randudongkal tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak 120 siswa yang terdiri dari 3 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 80 siswa yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas XI IIS 2 sebanyak 40 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IIS 1 sebanyak 40 siswa sebagai kelas kontrol. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran pair check dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar.
Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, dan tes. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah uji-t untuk tes statistik yang membandingkan skor rata-rata prestasi belajar antara model pair check dengan metode ceramah.
Hasil perhitungan dengan menggunakan rumus uji-t diketahui bahwa thitung = 6, 454 dan ttabel sebesar = 2,021. Sehinggah hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima yang berarti “model pembelajaran pair check efektif terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IIS SMA PGRI 3 Randudongkal tahun pelajaran 2014/2015”
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran tipe pair check efektif terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IIS 2 pada pokok bahasan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi SMA PGRI 3 Randudongka, sehingga model pembelajaran tipe pair check bisa menjadi model pembelajaran alternatif dalam upaya meningkatkan hasil belajar..
13105000520 | MUK p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain