Skripsi
EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR (Suatu Penalitian Pada Siswa Kelas X Mata Pelajaran Kewirausahaan di SMK PGRI 2 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015)
Kata Kunci : Efektifitas, model pembelajaran cooperative learning, prestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan menggunakan model cooperative learning lebih efektif dalam meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran kewirausahaan siswa kelas X SMK PGRI 2 Taman Pemalang”.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penggunaan model cooperative learning dalam pelajaran kewirausahaan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X SMK PGRI 2 Taman Pemalang tahun pelajaran 2013/2014.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMK PGRI 2 Taman Pemalang tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 491 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive cluster random sampling. Sampel penelitian diambil 48 siswa kelas X TKJ 3 sebagai kelompok kontrol dan 48 siswa kelas X RPL 1 sebagai kelompok eksperimen. Variabel bebas adalah X_1 : Model cooperative learning X_2 : Model konvensional, variabel terikat adalah prestasi belajar dalam pelajaran kewirausahaan. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, tes, sedangkan analisis data yang digunakan adalah membandingkan kelompok kontrol dengan eksperimen dengan menggunakan t-test.
Hasil tes mata pelajaran kewirausahaan diketahui rata-rata, median dan modus siswa kelas X AP 3 (kelompok eksperimen) diperoleh: X ̅_1 = 75,938, Me = 77,5 dan Mo = 75. Sedangkan siswa kelas X AP 2 (kelompok kontrol) berturut-turut: X ̅_2 = 66,875 Me = 70 dan Mo = 70. Berdasarkan perhitungan t-test, dapat diketahui bahwa t_(hitung ) sebesar 2,613. Dengan derajat kebebasan (dk) = 48 + 48 – 2 = 94, pada taraf signifikan 5%, dari tabel distribusi t diperoleh harga t_tabel (t_t) sebesar 1,986, berarti t_(hitung ) > t_tabel atau 2,613 > 1,986. Maka hipotesis dalam penelitian ini menyatakan bahwa model cooperative learning efektif digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar pada pelajaran kewirausahaan pada siswa kelas X di SMK PGRI 2 Taman Pemalang tahun pelajaran 2014/2015.
13105000710 | ROF e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain