Skripsi
HUBUNGAN PENDIDIKAN PKn DENGAN KESADARAN HUKUM SISWA KELAS VII DI MTs ASY-SYAFI’IYAH JATIBARANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Kata kunci : PKn dan Kesadaran Hukum
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kesadaran hukum siswa kelas VII M.Ts. Asy-Syafi’iyah Jatibarang, Mengetahui hubungan antara Pendidikan PKn dengan kesadaran hukum siswa kelas VII di M.Ts. Asy-Syafi’iyah Jatibarang.
Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 269 orang, yang teridi dari 8 Kelas. Sedangkan sampel diambil dengan cara random sampling (secara acak) sejumlah 44 siswa. Siswa Kelas VII M.Ts. Asy-Syafi’iyah Jatibarang, Prestasi belajar mata pelajaran PKn siswa kelas VII M.Ts. Asy-Syafi’iyyah Jatibarang Kabupaten Brebes nilai tertiunggi adalah 90, sedangkan nilai terendah 70, Skor tertinggi kesadaran hukum siswa kelas VII M.Ts. Asy-Syafi’iyyah Jatibarang Kabupaten Brebes adalah 60 sedangkan skor terendah adalah 37.
Dari analisis data korelasi Product Moment K Spearman diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,832 yang berarti Ada Hubungan Antara Pendidikan PKn dengan Kesadaran Hukum Siswa Kelas VII MTs Asy-Syafi’iyah Jatibarang.
Dengan demikian penulis dapat menyimpulkan saran bahwa : (1) Hendaknya guru lebih menekan kepada siswa akan arti pentingnya Tingkat Kesadaran Hukum di MTs Asy-Syafi’iyyah Jatibarang. (2) Diharapkan semua pihak yang terlibat dalam proses pembelajaran untuk lebih disiplin dan memberikan sanksi yang tegas bagi para pelanggar peraturan, sehingga siswa dapat mengoptimalkan tingkat kesadaran hukum yang dimilikinya. (3) Diharapkan semua siswa untuk meningkatkan kesadaran hukum demi terciptanya keamanan dan kenyamanan dilingkungan sekolah pada khususnya dan lingkungan masyarakat pada umumnya.
12105000050 | AHM h C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain