Skripsi
PERAN GURU PKn DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN NILAI-NILAI KEBANGSAAN TERHADAP SISWA KELAS X SMA N 01 BOJONG KECAMATAN BOJONG KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2012/2013
Kata Kunci: Peran Guru Pkn dalam mengimplementasikan Nilai-nilai Kebangsaan terhadap Peserta didik kelas X SMA Negeri 01 Bojong Kacamatan Bojong Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh peran guru Pkn terhapad implementasi nilai-nilai keangsaan, dimana masih banyak guru yang belum berperan dalam mengimplemtasikan nilai-nilai kebangsaan dalam kegiatan belajar. Selain guru mengajarkan impelemntasi nilai-nilai kebangsaan kepada peserta didik dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), guru juga sebenarnya dapat mengimplemntasikan nilai-nilai kebangsaan diluar Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) peserta didik seperti dalam pemilihan ketua kelas mapun ketua osis. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui bagaimana peran guru Pkn dalam mengimplementasikan nilai-nilai kebangsaan, (2) untuk mengetahui pemahaman Nilai-nilai kebangsaan dan (3) untuk mengetahui tentang Pancasila, Undang Undang dasar, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika.
Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas X SMA Negeri 01
Bojong Kecamatan Bojong Kabupaten tegal Tahun Pelajaran 2012/2013 sebanyak
9 peserta didik dan 2 guru Pkn. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Dalam penelitian ini, alat pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, dan wawancara. Prosedur penelitian meliputi 5 langkah, yaitu: (1) tahap persiapan, (2) tahap pelaksanaan dan (3) tahap penyelesaian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pemahaman guru Pkn di SMA Negeri 01 Bojong terhadap nilai-nilai kebangsaan sudah sangatlah bagus berdasarkan dari hasil wawancara dengan guru, (2) peran guru Pkn sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, penasehat dan model atau contoh sudah berperan dengan baik, (3) peranan guru Pkn dalam mengimplementasikan nilai- nilai kebangsaan sudah berperan dengan baik dengan diterapkannya sistem demokrasi didalam kelas.
Saran yang penulis kemukakan (1) untuk guru SMA Negeri 01 Bojong yang belum maksimal dalam berperan mengajar digharapkan untuk memperdalam pemahaman nilai-nilai, (2) peran guru yang sudah baik tidaklah baik jika menjelaskan kepada peserta didik dengan bahasa tingkat tinggi yang tidak dipahami oleh peserta didik, dan (3) untuk peserta didik yang belum memahami dan belum mengimplementasikan nilai-nilai kebangsaan diharuskan belajar karena dengan memahami sehingga peserta didik dapat menerapkan dalam kehidupan.
12095008120 | ABD p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain