Skripsi
HUBUNGAN PENDIDIKAN MORAL DI LINGKUNGAN KELUARGA DENGAN SIKAP DEMOKRATIS PADA PESERTA DIDIK DALAM ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH DI SMP NEGERI 1 PANGKAH TAHUH 2014/2015
Kata Kunci : Pendidikan Moral, Kepribadian Peserta Didik, lingkungan keluarga, sikap demokratis, Organisasi Siswa Intra Sekolah.
Untuk mencegah terjadinya kekerasan di sekolah dan hilangnya rasa nasionalisme, maka pemerintah meluncurkan pendidikan moral yang diharapkan mampu memperbaiki Kepribadian peserta didik menjadi lebih baik lagi.
Penelitian ini membahas tentang bagaimana pendidikan moral di lingkungan keluarga pesrta didik di SMP N 1 Pangkah Tahun 2013/2014 yaitu 1) Bagaimana pengembangan sikap demokratis pada peserta didik di SMP N 1 Pangkah Tahun 2013/2014 2). Adakah hubungan antara pendidikan moral di lingkungan keluarga dengan Organisasi Siswa Intra Sekolah di SMP N 1 Pangkah Tahun 2013/2014 3). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pendidikan moral di lingkungan keluarga dengan Organisasi Siswa Intra Sekolah di SMP N 1 Pangkah.
Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah kuantitatif. Sumber data penelitian adalah siswa kelas IX SMP N 1 Pangkah Kabupaten Tegal 2013/2014 dengan jumlah populasi 25 siswa, sedangkan datanya berupa angka. Data tersebut dikumpulkan dengan menggunakan teknik angket atau kuesioner. Teknik analisis data menggunakan product moment. Hipotesisi yang diajukan adalah hipotesis kerja (Ha) yaitu, ada hubungan antara pendidikan moral di lingkungan keluarga dengan OSIS peserta didik.
Hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif persentase dan korelasi, pendidikan moral di lingkungan keluarga peserta didik di SMP N 1 Pangkah diperoleh dari 40 peserta didik sebagai reponden yang mengisi angket kegiatan OSIS, terdapat 1 atau 2,5% dinyatakan memiliki respon terhadap kegiatan OSIS katagori sangat baik, 1 atau 2,5% peserta didik memiliki respon katagori buruk, 3 7,5% responden memiliki respon katagori sedang, 10 25% responden memiliki respon katagori cukup, 17 42,5% reponden memiliki respon katagori baik, dan sisanya 8 20% memiliki respon terhadap kegiatan OSIS dengan katagori sangat baik. Peserta didik dari 40 peserta didik dinyatakan memiliki pendidikan moral dengan katagori sangat baik.
Maka menerima hipotesis yang menyatakan ada hubungan kegiatan OSIS terhadap pendidikan moral peserta didik kelas IX di SMP N 1 Pangkah ( Ha diterima ) secara empiris terbukti kebenaranya.
12105000090 | AMY h C1 | Tersedia | |
01210500009 | AMY h C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain