Skripsi
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN PENGGUNAAN METODE TANYA JAWAB PADA PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMA MUHAMMADIYAH 02 PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci ; Metode Tanya Jawab, dan Prestasi Belajar.
Penelitian ini memiliki tujuan yaitu : (1). Untuk mengetahui metode Tanya jawab yang bagaimana yang dapat menunjang peningkatan prestasi belajar siswa di SMA Muhammadiyah 02 Pemalang Tahun Pelajran 2013/2014. (2). Untuk mengetahui penggunaan metode Tanya jawab bagaimanakah yang dapat membantu siswa pada pendidikan kewarganegaraan dalam belajar pada siswa di SMA Muhammadiyah 02 Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014. (3). Untuk mengetahui hubungan antara penggunaan metode tanya jawab dan pelaksanaan prestasi belajar siswa pada pendidikan kewarganegaraan siswa di SMA Muhammadiyah 02 Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif sehingga akan menghasilkan data deskriptif berupa kata – kata pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode : observasi, wawancara, dokumentasi.
Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau varifikasi. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa penerapan penggunaan metode tanya jawab di SMA Muhammadiyah 02 Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014 sudah di terapkan dalam belajar mengajar untuk meningkatkan prestasi belajar.
Hasil penelitian ini, yaitu : (1). Penggunaan metode tanya jawab pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan dikelas X1 SMA Muhammadiyah 02 Pemalang adalah penggunaan metode tanya dilakukan secara langsung setelah materi diajarkan guru, dan guru memberikan pertanyaan - pertanyaan kepada siswa yang sesuai dengan materi diajarkan. (2). Penggunaan metode tanya jawab pada pelajar pendidikan kewarganegaraan dikelas X1 SMA Muhammadiyah 02 Pemalang sangat membantu siswa untuk mempermudah dalam pengembangan materi serta pemahaman tersebut dalam proses belajar - mengajar. (3). Penggunaan metode tanya jawab dan prestasi belajar dikelas X1 SMA Muhammadiyah 02 Pemalang mempunyai hubungan karna metode tanya jawab itu guru bisa mengetahui materi yang diajarkan yang telah diterima siswa dapat dipahami atau tidak. Kalau dapat dipahami artinya prestasi belajar siswa tersebut berdampak pada peningkatan prestasi belajar.
12095008130 | ADE u C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain