Skripsi
IMPLEMENTASI PEMAHAMAN SISTEM HUKUM DAN PERADILAN DI INDONESIA PADA MATA PELAJARAN PKN DALAM TATA TERTIB SEKOLAH DI SMA NEGERI 1 KRAMAT KELAS X TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015
Kata Kunci : Implementasi Pemahaman Sistem Hukum dan Peradilan
Salah satu pendidikan yang diajarkan dalam proses pembelajaran di sekolah adalah mengenai sistem hukum dan peradilan di Indonesia. Sistem hukum Nasional adalah suatu keseluruhan dari unsur-unsur hukum Nasional yang saling berkait dalam rangka mencapai suatu masyarakat yang berkeadilan. Sistem Hukum Nasional terdiri dari tiga bagian yaitu struktur kelembagaan hukum, materi hukum dan budaya hukum. Sedangkan peradilan adalah segala sesuatu mengenai pengadilan. Pengadilan memiliki arti banyak yaitu dewan atau majelis yang mengadili perkara, mahkamah, proses mengadili, keputusan hakim ketika mengadili perkara, rumah (bangunan) tempat mengadili perkara.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemahaman siswa tentang sistem hukum dan peradilan di Indonesia, bagaimana ketaatan siswa terhadap tata tertib sekolah dan sejauh mana implementasi pemahaman sistem hukum dan peradilan Di Indonesia pada Mata Pelajaran PKN daalam tata tertib sekolah.
Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Pendekatan yang mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi saat sekarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Sampel yang digunakan adalah 5 kelas. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan random sampling yaitu setiap kelas diambil 1 anak sebagi sampel. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data/penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mempelajari sistem hukum dan peradilan di Indonesia siswa telah memahami dan mempraktekkannya dalam kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di sekolah. Selain itu siswa juga mengimplementasikan sistem hukum dan peradilan pada ketaatan terhadap tata tertib yang ada di sekolah.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagian siswa sudah memahami apa itu sistem hukum dan peradilan di Indonesia melalui mata pelajaran PKN, sebagian besar siswa sudah mentaati tata tertib atau peraturan yang ada di sekolah dan implementasi siswa terhadap sistem hukum dan peradilan di Indonesia terlihat dari ketertiban siswa dalam mengikuti kegiatan yang dilaksanakan di sekolah misalnya kegiatan Upacara Bendera.
Saran dari penelitian ini adalah pihak sekolah diharapkan dapat memantau sikap atau perilaku yang dilakukan siswa terutama yang berkaitan dengan tata tertib sekolah, guru sebaiknya memantau perkembangan sikap atau perilaku siswa yang berkaitan dengan ketaatan terhadap tata tertib sekolah dan siswa diharapkan dapat memahami apa itu hukum dan peradilan sehingga siswa diharapkan dapat mematuhi tata tertib sekolah.
12105000300 | FAI i C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain