Skripsi
PERANAN GURU PKn DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERETA DIDIK MELALUI METODE PEMECAHAN MASALAH DENGAN TEKNIK DISKUSI KELOMPOK PADA PEMBELAJARAN PKn KELAS VII SMP NEGERI 2 TANJUNG TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci: Kemampuan berpikir kritis, metode pemecahan masalah, diskusi kelompok.
Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan penyusunan tahap-tahap teknik diskusi kelompok pada pembelajaran PKn, 2) mendeskripsikan pelaksanaan penerapan teknik diskusi kelompok untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pembelajaran PKn, dan 3) menganalisis apakah teknik diskusi kelompok dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam memecahkan masalah pada pembelajaran PKn.
Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Tanjung. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel acak sederhana (simple random sampling), penentuan sampel dengan sampling incidental, yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui empat tahapan, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan simpulan/verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan peran guru PKn mendesain rancangan teknik diskusi kelompok pada pembelajaran PKn yaitu: membagi kelompok-kelompok kecil beranggotakan 5-6 peserta didik, setiap anggota mendapatkan satu topik bahasan, peserta didik saling bertukar pendapat dan masukan sesuai dengan pikiran masing-masing. Pelaksanaan diskusi kelompok untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran PKn dilaksanakan pada materi tertentu yang memerlukan penalaran dan pemikiran yang mendalam. Kemampuan berpikir siswa dengan teknik diskusi kelompok dalam memecahkan masalah pada pembelajaran PKn dapat lebih ditingkatkan karena peserta didik dalam diskusinya dengan teman-teman sendiri sehingga peserta didik tidak malu-malu dalam mengungkapkan pendapatnya baik benar maupun salah. Secara umum setelah pelaksanaan diskusi kelompok peserta didik dapat menjawab pertanyaan guru PKn secara lisan dengan rumusan sendiri yang telah didiskusikan secara bersama-sama dalam diskusi kelompok.
Saran yang dapat penulis sampaikan diharapkan guru dapat mengupayakan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam memecahkan masalah pada pembelajaran PKn yaitu dengan teknik diskusi kelompok pada materi-materi yang menggunakan penalaran atau pemahaman dalam berpikir peserta didik sehingga kemampuan berpikir peserta didik dapat berkembang.
12105001160 | ZAA p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain