Skripsi
OPTIMALISASI PERAN KELUARGA DALAM MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PROSES PEMBELAJARAN PKn di SMA PGRI 1 TAMAN KABUPATEN PEMALANG KELAS X TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Kata Kunci : Optimalisasi, Keluarga, dan Pendidikan Karakter.
Indonesia sekarang ini masih banyak perilaku peserta didik yang tidak sesuai dengan nilai yang terkandung dalam Pendidikan Karakter, sehingga pemerintah menetapkan kembali tentang Pendidikan Karakter di setiap sekolah, seperti SMA PGRI 1 Taman. Hal ini bertujuan agar pengoptimalisasian peran keluarga dalam mengembangkan Pendidikan Karakter melalui proses pembelajaran PKn dapat dilaksanakan secara optimal.
Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah mengoptimalisasikan peran keluarga dalam mengembangkan Pendidikan Karakter melalui proses pembelajaran PKn.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengoptimalisasian peran keluarga dalam mengembangkan Pendidikan Karakter melalui proses pembelajaran PKn.
Teori yang dicantumkan dalam penelitian ini bahwa optimalisasi peran keluarga merupakan lingkungan paling utama yang dapat membentuk watak maupun karakter anak agar menjadi lebih baik, sedangkan Pendidikan Karakter adalah upaya sadar dan sungguh-sungguh dari seorang guru untuk mengajarkan nilai-nilai kepada siswa.
Penelitian ini menggunakan menggunakan pendekatan kualitatif rasionalistik. Data penelitian ini menggunakan tekhnik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan tekhnik penentuan responden menggunakan purposive sampling. Adapun penggunaan tekhnik pemeriksaan keabsahan data meliputi triangulasi, pengecekan anggota, dan ketercukupan referensial. Sedangkan prosedur analisis datanya meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Simpulkan bahwa pengoptimalisasian peran keluarga dalam mengembangkan Pendidikan Karakter melalui proses pembelajaran PKn di SMA PGRI 1 Taman Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2014/2015 sudah berjalan sangat baik. Ini terbukti dengan adanya kegiatan doa bersama, datang ke sekolah tepat waktu, kegiatan belajar mengajar berjalan dengan lancar, dan lain-lain. Sedangkan kendala pengoptimalisasian keluarga dalam mengembangkan Pendidikan Karakter melalui proses pembelajaran PKn antara lain tidak adanya dukungan dari orang tua dan kurang bertanggung jawab atas pebuatan anak.
Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah diharapkan baik guru maupun peserta didik untuk selalu menerapkan, membudayakan, dan mengembangkan Pendidikan Karakter pada kehidupan di keluarga, sekolah dan masyarakat.
12105000820 | SUS o C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain