Skripsi
IMPLEMENTASI PERAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA BAGI PESERTA DIDIK KELAS VII SMP BUMIJAWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PATROLI KEAMANAN SEKOLAH TAHUN 2014 / 2015
Kata Kunci : Nilai-nilai Karakter Bangsa, Patroli Keamanan Sekolah
Amanat dari Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional bertujuan membentuk insan Indonesia yang cerdas dan berkepribadian atau berkarakter. Untuk itu guru perlu berupaya untuk mengimplementasikannya, diantarnya melalui kegiatan ekstra kurikuler. Tujuan penelitian untuk mengetahui kegiatan Patroli Keamanan Sekolah, nilai-nilai pendidikan karakter bangsa, upaya guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter bangsa melalui kegiatan ekstrakurikuler Patroli Keamanan Sekolah, dan seberapa besar kegiatan ekstrakurikuler Patroli Keamanan Sekolah dapat meningkatkan nilai-nilai pendidikan karakter bangsa.
Pendidikan karakter dimaknai dengan suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter kepada warga sekolah. Patroli Keamanan Sekolah merupakan kegiatan ekstrakurikuler sebagai upaya menanamkan kesadaran hukum dan peraturan-peraturan lalu lintas sedini mungkin sehingga kelak dikemudian hari akan menjadi generasi yang telah memiliki disiplin dan sopan santun lalu lintas, selanjutnya mengamalkan serta melaksanakan sebagai pamakai jalan yang baik
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan teknik pengujian keabsahan data. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian berasal dari responden, informan dan dokumentasi. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 14 responden.
Peserta didik sudah memiliki karakter yang baik. Peningkatan pendidikan karakter peserta didik baik, dapat dibuktikan dari suasana sekolah yang mencerminkan sikap-sikap peserta didik yang berkarakter. Peserta didik selalu mengawali doa sebelum memulai kegiatan, mencium tangan guru sebelum masuk dan lain-lain. Sikap dan perilaku sopan siswa tidak hanya kepada guru atau kepala sekolah, dengan teman sekelas, adik kelas dan lingkungan sekolah juga terlihat baik. Kegiatan ekstra kurikuler PKS dilaksanakan dengan baik dengan melakukan latihan setiap minggu dan dilakukan secara teratur. Guru mengimplementasikan nilai karakter pada saat pelaksanaan kegiatan ekstra kurikuler.
Simpulan dari penelitian ini adalah upaya guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter bangsa melalui kegiatan ekstrakurikuler Patroli Keamanan Sekolah sudah baik dimana guru PKN sebagai pembina selalu mengingatkan peserta didik untuk selalu melaksanakan janji Patroli Keamanan Sekolah (Hasta Prasetya Patroli Keamanan Sekolah) tidak saja ketika latihan kegiatan ektrakurikuler Patroli Keamanan Sekolah tapi melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari. Saran yang diberikan sehubungan dengan simpulan adalah diharapkan peserta didik dapat mengerti tentang pentingnya pendidikan karakter bangsa dengan memiliki sikap tangguh, berakhlak mulia, disiplin, toleransi dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
12105000100 | ANI i C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain