Skripsi
INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER TERHADAP PRESTASI BELAJAR PEMBELAJARAN PKn SEMESTER II KELAS VIII SMP NEGERI 01 ULUJAMI KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci: Internalisasi, nilai karakter, dan pembelajaran PKn.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan internalisasi nilai nilai karakter peserta didik dan mengetahui prestasi belajar peserta didik serta menjelaskan hubungan antara internalisasi nilai-nilai karakter dengan prestasi belajar peserta didik kelas VIII semester II SMP Negeri 01 Ulujami Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014.
Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 01 Ulujami Pemalang Pelajaran 2013-2014 yang berjumlah 163 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan secara Simple Random Sampling diperoleh sampel sebanyak 62 responden. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, dokumentasi, tes, wawancara dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi dengan rumus korelasi product moment dan analisis koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) internalisasi nilai-nilai karakter pada peserta didik dalam kategori cukup baik. terbukti dari hasil penelitian kategori internalisasi nilai-nilai karakter pada peserta menurut persepsi peserta didik: sangat rendah 6,45%, rendah 1,61%, kurang 11,29%, cukup 38,71%, sedang 24,19%, tinggi 14,52%, dan sangat tinggi 3,23%. 2) prestasi belajar PKn pada peserta didik sudah baik. Terbukti dari hasil penelitian prestasi belajar PKn pada peserta didik: lebih dari cukup 37,10%, baik 37,71% dan baik sekali 24,71%. 3) mean atau nilai rata-rata sebesar 83,39 terletak pada interval 80-89 kategori baik. Berdasarkan analisis statistic korelasi product moment diperoleh rhitung sebesar 0,354 dan setelah dikonsultasikan pada rtabel untuk n = 62 taraf signifikasi 5% diperoleh rtabel = 0,254, maka rxy > rtabel atau 0,354 > 0,254 yang berarti hipotesis penelitian (Ha) dinyatakan diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan ada hubungan internalisasi nilai-nilai karakter dengan prestasi belajar PKn Semester II Kelas VIII SMP Negeri 01 Ulujami Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014. Besarnya kontribusi atau pengaruh internalisasi nilai-nilai karakter terhadap prestasi belajar PKn peserta didik adalah 12,53% sedangkan 87,47% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.
Saran yang dapat penulis sampaikan diharapkan pihak sekolah dapat memprogramkan pendidikan karakter bagi peserta didik dalam proses belajar mengajar dan guru PKn untuk dapat selalu menanamkan nilai-nilai karakteri pada diri peserta didik guna meningkatkan prestasi belajar dan akhlak peserta didik.
12105000320 | EVI i C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain