Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN PELUANG Suatu Penelitian pada Peserta Didik Kelas XI Semester I SMA Negeri 1 Comal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015
Kata Kunci : Model Pembelajaran Group Investigation, Pendekatan Scientific, Prestasi Belajar Matematika
Salah satu upaya yang dapat ditempuh untuk meningkatkan prestasi belajar matematika adalah penerapan model pembelajaran Group Investigation. Dengan model pembelajaran Group Investigation diharapkan aktivitas dan prestasi belajar peserta didik meningkat sehingga kejenuhan dalam mengikuti proses belajar mengajar akan hilang. Dengan demikian, penguasaan peserta didik mengenai konsep yang diajarkan akan meningkat
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) ada tidaknya perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Comal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015 yang diajar menggunakan model pembelajaran group investigation dengan pendekatan scientific dan konvensional, (2) prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran group investigation dengan pendekatan scientific lebih baik dibandingkan peserta didik yang diajar menggunakan konvensional pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Comal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 1 Comal Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2014/2015 dengan jumlah 200 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling. Terpilih kelas XI MIA4 sebagai kelas uji coba, kelas XI MIA2 sebagai kelas kontrol, serta kelas XI MIA1 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji t dua pihak dan uji t satu pihak.
Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan: 1) Ada perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Comal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015 yang diajar menggunakan model pembelajaran group investigation dengan pendekatan scientific dan konvensional dengan pendekatan scientific, 2) Prestasi belajar matematika peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Comal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015 yang diajar menggunakan model pembelajaran group investigation dengan pendekatan scientific lebih baik dibandingkan yang diajar menggunakan model konvensional dengan pendekatan scientific.
17105001560 | CRI k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain