Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DITINJAU DARI MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
Kata Kunci :Keefektifan, Model Pembelajaran Snowball Throwing, Minat Belajar, Prestasi Belajar Matematika
Prestasi belajar matematika peserta didik di kelas VII SMP Negeri 3 Pangkah Kabupaten Tegal sebagian masih ada yang belum mencapai nilai KKM. Berkaitan hal ini perlu adanya variasi dalam pembelajaran yang dapat melibatkan peserta didik lebih aktif. Upaya yang dapat digunakan adalah penerapan model pembelajaran Snowball Throwing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan : 1) Adanya perbedaan prestasi belajar yang diajar model pembelajaran Snowball Throwing dengan model pembelajaran konvensional, 2) Prestasi belajar yang diajar model pembelajaran Snowball Throwing lebih baik daripada yang diajar model pembelajaran konvensional, 3) Prestasi belajar yang diajar model pembelajaran Snowball Throwing lebih baik daripada model pembelajaran konvensional dengan minat belajar tinggi, 4) Prestasi belajar yang diajar model pembelajaran Snowball Throwing lebih baik daripada model pembelajaran konvensional dengan minat belajar sedang, 5) Prestasi belajar yang diajar model pembelajaran Snowball Throwing lebih baik daripada model pembelajaran konvensional dengan minat belajar rendah.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII semester II SMP Negeri 3 Pangkah Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014 yang terdiri atas 190 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling yang terdiri atas 159 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan teknik tes dan angket. Analisis data yang digunakan adalah uji – t dua pihak, uji – t satu pihak kanan dengan taraf signifikansi 5% dan koefisien varian (KV).
Hasil penelitian ini diperoleh: 1) Ada perbedaan prestasi belajar yang diajar dengan model Snowball Throwing dengan model konvensional,2) Prestasi belajar yang diajar dengan model Snowball Throwing lebih baik daripada yang diajar model konvensional, 3) Prestasi belajar yang diajar dengan model Snowball Throwing lebih baik daripada yang diajar model konvensional dengan minat belajar tinggi, 4) Prestasi belajar yang diajar dengan model Snowball Throwing lebih baik daripada yang diajar model konvensional dengan minat belajar sedang, 5) Prestasi belajar yang diajar dengan model Snowball Throwing lebih baik daripada yang diajar model konvensional dengan minat belajar rendah.
17105000680 | MUH k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain